Arne Slot Sukses Membuat Tugas Berat Menggantikan Klopp di Liverpool Terlihat Mudah



KONTAN.CO.ID - Kedatangan Arne Slot sebagai pelatih kepala Liverpool diprediksi sebagai ujian terberatnya sejak menggantikan Jurgen Klopp, namun ia menjawab setiap tantangan dengan penuh gaya.

Pelatih asal Belanda ini berhasil membuat tugas yang tampak menakutkan, yaitu menggantikan sosok ikonik seperti Klopp, terlihat mudah. Pendekatan Slot yang tenang dan terukur serta otoritasnya yang jelas berhasil menenangkan kekhawatiran para pendukung bahwa ia mungkin diminta untuk menggantikan seseorang yang dianggap tak tergantikan.

Slot menikmati awal sempurna di Premier League dengan kemenangan di Ipswich Town dan di kandang melawan Brentford, namun pertandingan di Old Trafford selalu menjadi ujian paling signifikan di mata para penggemar Liverpool dan dunia luar.


Baca Juga: Arne Slot Beberkan Kunci Kemenangan Liverpool atas Manchester United 3-0

Kemenangan 3-0 atas Manchester United ini adalah kemenangan yang sangat meyakinkan, mengungguli tuan rumah sehingga meninggalkan "Theatre of Dreams" dengan banyak kursi kosong sebelum peluit akhir berbunyi. Hasil dan penampilan yang sempurna ini memastikan Slot langsung memenangkan hati para pendukung barunya.

Tiga kemenangan tanpa kebobolan adalah prestasi yang luar biasa bagi pelatih kepala baru mana pun. Dan hal itu terlihat dan terdengar jelas setelah peluit akhir berbunyi, ketika nama Slot bergema di sudut kecil Old Trafford yang dihuni oleh para penggemar Liverpool.

Respons yang sederhana namun penuh apresiasi dari pelatih berusia 45 tahun ini menunjukkan karakter dan gaya kepemimpinannya.

Selama pertandingan, Slot begitu fokus sehingga ia tidak merespons teriakan dari para penggemar Liverpool. Di akhir pertandingan, tidak ada histrionik seperti yang biasa dilakukan Klopp dengan selebrasi penuh semangat setelah kemenangan besar.

Baca Juga: Manchester United Kalah dari Liverpool, Ten Hag: Saya Bukan Harry Potter

Slot hanya melambaikan tangan, mengepalkan tangan, dan memberikan tepuk tangan sebelum dengan tenang berjalan menuju Stretford End dengan sikap yang menunjukkan profesionalisme.

Meskipun masih sangat awal, transisi Liverpool dari Klopp ke Slot tampak mulus. Tugas Slot menjadi lebih mudah berkat fondasi yang kuat yang ditinggalkan oleh pendahulunya, ditambah dengan kualitas skuat yang diwariskan kepadanya.

Hal ini memungkinkan Slot dan Liverpool untuk tidak terlalu khawatir tentang aktivitas transfer, meskipun pemain depan asal Italia, Federico Chiesa, yang dibeli seharga £10 juta dari Juventus, menjadi satu-satunya pemain baru yang bisa memperkuat tim.

Kualitas yang sudah ada dalam skuat Liverpool berarti tidak ada kebutuhan mendesak untuk masuk ke pasar transfer kecuali ada peningkatan serius yang datang, dan seperti biasa, klub siap untuk menunggu demi mendapatkan target utama. Slot sepenuhnya mendukung pendekatan ini.

Baca Juga: Hajar Manchester United 3-0, Salah: Betapa Mudahnya Pertandingan Itu Bagi Liverpool

Slot menjadi manajer Liverpool pertama yang memenangkan pertandingan pertamanya melawan Manchester United sejak Bob Paisley pada November 1975 dan yang kedua melakukannya di laga tandang setelah George Kay pada November 1936.

Ia juga menjadi manajer ketiga yang memenangkan tiga pertandingan Premier League pertamanya tanpa kebobolan, mengikuti jejak Jose Mourinho di Chelsea pada 2004 dan Sven-Goran Eriksson di Manchester City tiga tahun kemudian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .