Arutmin Gelar Aksi Kemanusiaan di Bidang Kesehatan melalui Donor Darah



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Arutmin Indonesia, sebagai bagian dari PT Bumi Resources Tbk (BUMI), menunjukkan komitmennya dalam bidang kesehatan melalui berbagai aksi kemanusiaan seperti kegiatan donor darah di Tambang Asamasam dan bakti sosial di Tambang Senakin. 

Kegiatan donor darah merupakan bagian dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang rutin dilaksanakan oleh Arutmin Tambang Asamasam beserta mitra kerja setiap tahunnya. Tujuannya untuk mendukung ketersediaan stok darah di Kabupaten Tanah Laut.

Sebanyak 105 pendonor terlibat dalam kegiatan ini, yang melibatkan mitra kerja seperti PT Darma Henwa, PT Transcoal Pacific, PT Mitratama Perkasa, serta beberapa perusahaan lainnya yang tergabung dalam Asamasam Community Development Committee (ACDC).


Baca Juga: Kaltim Prima Coal Berencana Gandeng Mitra Garap Hilirisasi Batubara

Kegiatan ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Laut dan UPT Puskesmas Asamasam, sebagai bentuk nyata solidaritas perusahaan terhadap masyarakat sekitar tambang.

Kepala Teknik Tambang Arutmin Asamasam, Novriyadi, menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan medis, tetapi juga sebagai wujud sinergi antara perusahaan, masyarakat, dan instansi kesehatan setempat.

"Kegiatan ini memperlihatkan kekuatan kolaborasi antara berbagai pihak dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat," ujarnya dalam keterangan pada Senin (30/9).

Baca Juga: Arutmin Berkomitmen untuk Menjaga Lingkungan di Sekitar Area Operasi Tambang

Bakti Sosial di Tambang Senakin

Di lokasi berbeda, Tambang Senakin, Arutmin bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kotabaru menggelar bakti sosial di Puskesmas Tamianggeronggang, Desa Tamiang Bakung, Kecamatan Kelumpang Tengah, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Tema kegiatan ini adalah “Berkhidmat Sehatkan Masyarakat,” yang menyediakan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat.

Ratusan warga antusias mendatangi puskesmas untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan dari dokter umum dan spesialis. Selain pemeriksaan kesehatan, acara ini juga meliputi senam massal, penyuluhan kesehatan, serta kegiatan donor darah.

Sebanyak 37 dokter berpartisipasi, yang terdiri dari 23 dokter umum dan 14 dokter spesialis dari berbagai bidang, termasuk penyakit dalam, mata, neurologi, dan ginekologi.

Baca Juga: Garap Hilirisasi Batubara, Anak Usaha Bumi Resources (BUMI) Bakal Gandeng Mitra

Supervisor EA Arutmin Tambang Senakin, Syamsir Alam, menyampaikan apresiasinya kepada IDI Kotabaru atas terselenggaranya bakti sosial ini. Menurutnya, kegiatan kesehatan merupakan salah satu program prioritas Arutmin dalam menjaga keberlanjutan serta mendukung visi dan misi perusahaan.

“Kami sangat menghargai niat baik IDI Kotabaru yang bekerja sama dalam menyelenggarakan bakti sosial di sekitar Tambang Senakin,” ujar Syamsir Alam.

PT Bumi Resources Tbk. dan Arutmin terus berupaya menjalankan strategi keberlanjutan dalam operasional mereka, mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) khususnya dalam bidang kesehatan, kesejahteraan, dan kehidupan sehat. Melalui aksi-aksi konkret ini, Arutmin berharap dapat terus menciptakan nilai positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Selanjutnya: Promo Hypermart Weekday 1-3 Oktober 2024, Beli 2 Gratis 1 Keju Slices-Yogurt

Menarik Dibaca: Promo Hypermart Weekday 1-3 Oktober 2024, Beli 2 Gratis 1 Keju Slices-Yogurt

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto