AS Tolak Tawaran Polandia Beri Jet Tempur Buatan Rusia ke Ukraina



KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Amerika Serikat menolak tawaran mengejutkan sekutu NATO Polandia pada Selasa untuk mentransfer jet tempur MiG-29 buatan Rusia ke pangkalan AS di Jerman sebagai cara untuk mengisi kembali angkatan udara Ukraina dalam pertahanannya melawan invasi pasukan Rusia.

Amerika Serikat telah berusaha untuk mempercepat pengiriman senjata ke Ukraina, tetapi prospek menerbangkan pesawat tempur dari wilayah NATO ke zona perang "menimbulkan kekhawatiran serius bagi seluruh aliansi NATO," kata Pentagon.

NATO telah mengatakan tidak ingin konflik langsung dengan Rusia, sesama kekuatan bersenjata nuklir, dan Presiden Joe Biden telah mengesampingkan pengiriman pasukan AS ke Ukraina untuk berperang, sesuatu yang Pentagon katakan akan berlaku untuk pasukan di darat atau di udara.

"Tidak jelas bagi kami bahwa ada alasan substantif untuk itu," kata juru bicara Pentagon John Kirby tentang proposal Polandia seperti dilansir Reuters, Rabu (8/3).

Baca Juga: Inggris Mendukung Rencana Polandia Pasok Jet Tempur ke Ukraina

“Kami akan terus berkonsultasi dengan Polandia dan sekutu NATO kami yang lain tentang masalah ini dan tantangan logistik yang sulit, tetapi kami tidak percaya proposal Polandia dapat dipertahankan,” sambungnya.

Kementerian luar negeri Polandia mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka siap untuk menyebarkan jet MiG-29 ke Pangkalan Udara Ramstein di Jerman dan menempatkan mereka di tangan Amerika Serikat.

Mendesak anggota lain dari aliansi yang memiliki pesawat lain seperti itu untuk melakukan hal yang sama. Diplomat No. 3 Departemen Luar Negeri AS mengatakan proposal Polandia mengejutkan Amerika Serikat.

"Sepengetahuan saya, tidak ada konsultasi dengan kami sebelumnya bahwa mereka berencana untuk memberikan pesawat-pesawat ini kepada kami," Wakil Menteri Luar Negeri Departemen Luar Negeri untuk Urusan Politik Victoria Nuland mengatakan pada sidang Komite Hubungan Luar Negeri Senat.

Baca Juga: AS dan Polandia Bahas Kesepakatan Pasok Jet Tempur ke Ukraina

"Jadi saya pikir itu sebenarnya langkah mengejutkan oleh orang Polandia," katanya.

Kebuntuan itu menimbulkan pertanyaan tentang kelayakan permohonan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy bagi negara-negara Eropa untuk menyediakan pesawat buatan Rusia, sebuah masalah yang ia tekankan selama panggilan video Sabtu dengan anggota parlemen AS.

Editor: Noverius Laoli