ASEAN plus 3 sepakat bentuk ASEAN response fund



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. KTT ASEAN plus 3 sepakat untuk membentuk ASEAN response fund dalam penanganan virus corona (Covid-19).

Hal itu disampaikan dalam pernyataan bersama KTT khusus ASEAN plus 3. Pemimpin ASEAN plus 3 sepakat berkomitmen dalam ketersediaan dana dalam melawan pandemi.

"Termasuk pembentukan Covid-19 ASEAN response fund," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Joko Widodo menghadiri KTT khusus ASEAN plus 3, Selasa (14/4).

Baca Juga: Jokowi dan pemimpin ASEAN gelar KTT Khusus di tengah pandemi Covid-19, ini hasilnya

ASEAN response fund akan menggunakan realokasi dana ASEAN plus 1 dengan ASEAN plus 3. Diusulkan 10% dari ASEAN cooperation fund atau dana kerja sama ASEAN plus 1 dan ASEAN plus 3.

"Direalokasi untuk langkah-langkah darurat untuk pembelian alat kesehatan di negara-negara ASEAN," terang Retno.

Selain itu ada sejumlah komitmen lainnyang disampaikan. Antara lain adalah pertukaran informasi terkait penanganan Covid-19. Memperkuat kapasitas kawasan merespon pandemi.

Memudahkan respon negara ASEAN plus 3 dalam merespon keperluan alat kesehatan. Kerja sama negara ASEAN juga akan mendorong riset dalam penanganan Covid-19.

Baca Juga: Menlu negara-negara ASEAN sepakat tingkatkan sinergi memerangi virus corona

Tidak hanya di sektor kesehatan, ASEAN plus 3 juga mendorong kerjasama di sektor ekonomi. Seperti komitmen membuka perdagangan dan investasi serta pemulihan pasca pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi