Asia Muram, IHSG Ikut Suram



JAKARTA. Pemandangan di bursa Asia benar-benar suram hari ini. Banyaknya sentimen negatif dari bursa regional juga turut menyeret penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Selang setengah jam setelah pembukaan pagi, indeks langsung melorot ke posisi 1.345,34. Dengan demikian, IHSG sudah kehilangan tenaga sebesar 3% atau 41,566 poin.

Penurunan indeks ini juga dialami oleh seluruh indeks acuan Asia lainnya. Indeks Nikkei, misalnya, langsung turun 3,98% menjadi 8.102,77. Sementara, indeks Hang Seng pun bernasib sama dengan penurunan 4,88% menjadi 13.035. Demikian pula halnya dengan indeks Strait Times dengan penurunan 2,93% menjadi 1.713,03.

Memang, hari ini, sejumlah negara merilis data tentang beberapa indikator perekonomian. Hasilnya memang tidak memuaskan. Di Jepang, misalnya, tingkat pemesanan mesin-mesin mengalami kemelorotan sebesar 16,2%. Sementara itu di Australia, tingkat pengangguran juga meningkat dan bertengger di level 4,5%. Di Amrik, data yang menunjukkan penjualan retail pun mengalami penurunan tajam.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie