JAKARTA. Daftar investor asing yang membeli perusahaan lokal semakin banyak. Cara ini cukup menguntungkan, karena investor asing itu bisa langsung terjun ke bisnis tersebut tanpa harus membangun dari awal. Selain itu, akuisisi itu juga menjadi batu loncatan untuk terjun ke bisnis yang lain. Terbaru adalah masuknya Spice Global ke PT Metrotech Jaya Komunika Indonesia (Nexian) pada Juni 2011. Setelah mengeluarkan US$ 250 juta untuk mengakuisisi 100% grup Nexian, Spice pun ancang-ancang tancap gas. Mulai bulan ini, mereka mengganti seluruh merek ponsel Nexian menjadi S-Nexian. "Kami akan perluas pemasaran agar bisa menjual 10 juta unit ponsel per tahun," kata Bhupendra Kumar Modi, bos Spice Global, kemarin. Catatan saja, sebelum ada investor baru, Nexian telah menjual 10 juta unit ponsel selama lima tahun terakhir.
Asing getol incar perusahaan lokal
JAKARTA. Daftar investor asing yang membeli perusahaan lokal semakin banyak. Cara ini cukup menguntungkan, karena investor asing itu bisa langsung terjun ke bisnis tersebut tanpa harus membangun dari awal. Selain itu, akuisisi itu juga menjadi batu loncatan untuk terjun ke bisnis yang lain. Terbaru adalah masuknya Spice Global ke PT Metrotech Jaya Komunika Indonesia (Nexian) pada Juni 2011. Setelah mengeluarkan US$ 250 juta untuk mengakuisisi 100% grup Nexian, Spice pun ancang-ancang tancap gas. Mulai bulan ini, mereka mengganti seluruh merek ponsel Nexian menjadi S-Nexian. "Kami akan perluas pemasaran agar bisa menjual 10 juta unit ponsel per tahun," kata Bhupendra Kumar Modi, bos Spice Global, kemarin. Catatan saja, sebelum ada investor baru, Nexian telah menjual 10 juta unit ponsel selama lima tahun terakhir.