Asing melirik obligasi terbitan PT SMI



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penerbitan obligasi Penawaran Umum Terbuka II senilai Rp 7 triliun PT Sarana Multi Infrastruktur baru saja dicatatkan di Bursa Efek Indonesia hari ini, Kamis (16/11). Obligasi SMI diminati investor asing sekitar 30%. Direktur PT SMI Agresius Kamdani menjelaskan minat asing paling banyak pada Obligasi Berkelanjutan I Sarana Multi Infrastruktur Tahap II Tahun 2017 ini terdapat pada obligasi seri B dan seri C yang masing-masing memiliki tenor 3 dan 5 tahun. Namun Agresius tidak memaparkan detail komposisi lebih lanjut. "Kepercayaan asing cukup besar namun kita tetap berterimakasih dengan investor Indonesia," jelasnya saat ditemui usai pencatatan di BEI, Kamis (16/11). Asal tahu saja, penerbitan sebesar Rp 7 triliun ini menawarkan tiga seri sekaligus. Pertama, seri A senilai Rp 1,2 triliun dengan menawarkan kupon tetap sebesar 6,15% p.a per tahun dengan jatuh tempo pada 24 November 2018.

Kedua, seri B dengan jumlah pokok senilai Rp 4,45 triliun dengan kupon tetap sebesar 7,40% p.a per tahun. Efek bertenor tiga tahun ini akan kadaluwarsa pada 14 November 2020.

Terakhir, seri C dengan jumlah pokok senilai Rp 1,34 triliun dengan menawarkan kupon tetap sebesar 7,60% p.a per tahun. Surat utang seri ini bertenor lima tahun yang akan jatuh tempo pada 14 November 2022.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dessy Rosalina