Askrindo Perkuat Proteksi bagi UMKM dengan Asuransi Mikro



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pilar penting dalam perekonomian nasional. UMKM mencakup sekitar 99% dari total unit usaha di Indonesia, berkontribusi terhadap 60,51% Produk Domestik Bruto (PDB) nasional, dan menyerap hampir 97% total tenaga kerja di Indonesia.

Namun, kontribusi UMKM terhadap ekspor nasional masih relatif kecil, yakni sekitar 15,7% dari total ekspor, jauh di bawah Singapura (41%) dan Thailand (29%). Meskipun demikian, peran UMKM dalam perekonomian Indonesia tetap signifikan dan menjadi perhatian utama pemerintah.

PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), anggota Holding Asuransi dan Penjaminan Indonesia Financial Group (IFG), turut serta mendukung pembangunan ekonomi nasional, terutama melalui pengembangan dan perlindungan UMKM. 


Baca Juga: Investasi yang Dikelola Tumbuh Signifikan, Aset Askrindo Syariah Meningkat 12,92%

Salah satu produk yang ditawarkan adalah Asuransi Mikro Usahaku, yang bertujuan memberikan proteksi kepada pelaku UMKM di seluruh lapisan masyarakat.

Direktur Bisnis PT Askrindo, Budhi Novianto, menyatakan bahwa perusahaan konsisten mendukung UMKM dengan memberikan perlindungan bisnis. 

“Dengan potensi besar UMKM di Indonesia, ini menjadi peluang bagi kami untuk memberikan proteksi bagi mereka. Proteksi merupakan pilar penting dalam manajemen risiko, termasuk risiko yang terkait dengan aset, diri, transaksi, dan operasional bisnis,” jelas Budhi dalam keterangannya, Selasa (19/10).

Budhi juga menekankan pentingnya kesadaran para pelaku UMKM terhadap asuransi sebagai cara meminimalkan risiko dan menjaga keberlanjutan usaha. 

Baca Juga: Askrindo Cover Aset di Kawasan Pariwisata The Golo Mori, Labuan Bajo, NTT

Asuransi Mikro Usahaku menawarkan premi yang sangat terjangkau, hanya Rp 40.000 per tahun, dengan nilai pertanggungan Rp 5 juta untuk usaha menetap dan Rp 2,5 juta untuk usaha bergerak. Asuransi ini memberikan santunan jika terjadi kerusakan tempat usaha akibat musibah yang tercantum dalam polis.

“Askrindo memastikan kemudahan bagi UMKM yang ingin melindungi usahanya. Dengan premi kecil, mereka dapat memperoleh manfaat besar dan terhindar dari kerugian,” tambah Budhi.

Selain Asuransi Mikro Usahaku, Askrindo juga menawarkan produk asuransi mikro lainnya, seperti Asuransi Mikro Rumahku dan Asuransi Mikro Bahari yang ditujukan untuk nelayan. 

Baca Juga: Upaya Askrindo Beri Dampak Sosial Melalui Program Relawan Bakti BUMN

Melalui berbagai produk ini, Askrindo berkomitmen untuk terus mendukung UMKM dan meningkatkan literasi asuransi di Indonesia, yang saat ini masih rendah. Askrindo bertekad menjadi mitra terpercaya dalam solusi perlindungan bagi UMKM secara berkelanjutan.

Selanjutnya: Debut Tak Manis Rafael Struick, Brisbane Roar Takluk 2-0 dari Auckland FC

Menarik Dibaca: Debut Tak Manis Rafael Struick, Brisbane Roar Takluk 2-0 dari Auckland FC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli