KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Alam Sutera Realty Tbk (
ASRI) menyambut baik perpanjangan insentif PPN DTP 100% hingga akhir tahun 2024. Asal tahu saja, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian insentif pajak pertambahan nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP) 100% untuk sektor perumahan hingga Desember 2024. Insentif ini berlaku untuk pembelian rumah seharga Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar. Sebelumnya, PPN DTP 100% berlaku hanya sampai 30 Juni 2024 dan dilanjutkan dengan PPN DTP 50% untuk penyerahan mulai 1 Juli hingga 31 Desember 2024.
Namun, seiring dengan pernyataan yang disampaikan pemerintah, maka hingga Desember 2024 PPN DTP yang diberikan diperpanjang hingga 100% seperti pada periode Januari hingga Juni 2024 lalu. Direktur ASRI Lilia Setiprawarti Sukotjo mengatakan, perseroan menyambut positif perpanjangan insentif PPN DTP 100% hingga akhir tahun 2024.
Baca Juga: Alam Sutera (ASRI) Targetkan Marketing Sales Rp 2,8 Triliun di 2024 Kebijakan insentif PPN DTP dianggap sangat membantu kinerja penjualan ASRI, terutama bagi produk-produk yang memang sudah siap untuk diserap oleh pasar. “Ini juga sangat menguntungkan bagi calon-calon pembeli kami. Diharapkan gayung dapat bersambut, kemudian pasar properti bisa menjadi lebih bergairah lagi,” ujarnya dalam paparan publik, Kamis (29/8). Terkait dengan potensi penjualan, ASRI mengakui masih melakukan penghitungan. Sebab, peraturan tersebut masih akan berlaku di bulan September 2024 mendatang. “Untuk potensi penjualannya, kami masih menghitung, karena aturan ini baru turun di bulan September. Kami sedang menunggu detailnya (kebijakan perpanjangan PPN DTP 100%), baru hitungannya akan keluar setelah itu,” paparnya.
Baca Juga: Merosot 88%, Alam Sutera (ASRI) Catat Laba Bersih Rp 18,65 Miliar di Semester I-2024 Pada semester I 2024, ASRI mencatatkan pendapatan pra-penjualan alias
marketing sales sebesar Rp 1,2 triliun.
Marketing sales ini mencapai 42,86% dari target setahun penuh 2024 yang sebesar Rp 2,8 triliun. Komposisi raihan
marketing sales di semester I didominasi oleh penjualan rumah dan tanah residensial sebesar 75%. Sisanya berasal dari penjualan produk komersial sebesar 16% dan apartemen 8%. Proyek Alam Sutera dan Suvarna Sutera memberikan kontribusi yang hampir seimbang terhadap total
marketing sales di semester I, yaitu masing-masing 46% dan 42%. Lokasi lainnya menyumbang 12%. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Wahyu T.Rahmawati