Astra (ASII) Gelontorkan US$ 85 Juta untuk Akuisisi Pengelola Hotel Mandarin



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten konglomerasi, PT Astra International Tbk (ASII) melalui atas usahanya, PT Astra Land Indonesia (ALI) resmi mengakuisisi PT Jaya Mandarin Agung (JMA) sejumlah US$ 85 juta. 

Merujuk keterbukaan informasi, ALI mengakuisisi 96,923% saham dari seluruh modal ditempatkan dan disetor di JMA yang dimiliki Mandarin Oriental Holdings B.V. (MOH) sebesar US$ 49,77 juta. 

Selain itu, ALI juga mengakuisisi piutang sehubungan dengan pinjaman yang diberikan oleh Mandarin Oriental Hotel Group Limited (MOHGL) kepada JMA sebesar US$ 35,23 juta. 


Manajemen Astra International menjelaskan akuisisi ini merupakan bagian dari strategi pengembangan bisnis yang dilakukan oleh Astra Land Indonesia. 

Baca Juga: Intip Strategi Astra International (ASII) Dalam Berinvestasi

“Transaksi ini dilakukan karena aset properti JMA berada di lokasi yang strategis, yakni Bundaran HI, Jakarta sehingga menjadi peluang yang menarik bagi pengembangan bisnis,” tulis manajemen ASII dalam keterbukaan informasi, Rabu (5/7). 

Tak hanya itu, pengembangan bisnis ALI ini dapat memberikan nilai tambah bagi Astra International sebagai pemegang saham tidak langsung dari ALI. 

Adapun sebelum transaksi terjadi, Mandarin Oriental Holdings B.V. (MOH) yang terdiri dari 7.900 saham Seri A, 5.583 saham Seri B, 3.950 saham Seri C dan 55.560 saham Seri D. 

Kemudian pemegang saham lainnya yang tidak terafiliasi adalah sebanyak 3,07% saham atau sebanyak 2.317 saham Seri B.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi