Astra Financial Cetak Laba Bersih Rp 4,1 Triliun pada Semester I-2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Astra Financial, mencatatkan kinerja positif pada semester I-2024. 

Direktur Astra sekaligus Director-in-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin, menyampaikan bahwa perusahaan berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp 4,1 triliun pada semester I-2024. 

Nilai ini meningkat 8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yang mencapai Rp 3,8 triliun.


Suparno menjelaskan bahwa peningkatan laba ini didukung oleh kinerja yang membaik di sektor pembiayaan. 

Meskipun kondisi ekonomi pada 6 bulan pertama tahun ini sangat dinamis dan persaingan semakin ketat. 

"Astra Financial tetap berupaya memberikan nilai tambah kepada pelanggan dengan mengedepankan pelayanan one-stop-solution," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (21/8).

Baca Juga: Astra Financial Hadirkan Penawaran Menarik di GIIAS Surabaya 2024

Selain itu, Suparno juga merinci capaian kinerja dari lini bisnis yang dimiliki Astra Financial pada semester I-2024. 

Sektor pembiayaan konsumen Astra Financial, yang terdiri dari FIFGROUP, ACC, dan TAF, berhasil menyalurkan pembiayaan baru senilai Rp 62,8 triliun. Nilai ini meningkat 5% dibandingkan periode yang sama pada 2023.

"Kontribusi laba bersih dari sektor pembiayaan roda dua (FIFGROUP) mencatatkan pertumbuhan sebesar 12%, menjadi senilai Rp 2,2 triliun," ujar Suparno.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa pembiayaan baru unit bisnis pembiayaan roda empat Astra Financial (ACC dan TAF) mencapai Rp 1,1 triliun pada semester I-2024, meningkat 2% dibandingkan dengan pencapaian pada periode yang sama tahun lalu.

Pada sektor pembiayaan alat berat (SANF dan KAF), kedua entitas ini telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 6,2 triliun pada semester I-2024. 

Angka ini mengalami peningkatan sebesar 10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan kontribusi laba bersih dari segmen tersebut yang turut meningkat 7% secara Year on Year (YoY) menjadi Rp 97 miliar.

Baca Juga: Adira Finance Telah Terbitkan Obligasi dan Sukuk Senilai Rp 2 Triliun di 2024

Di sektor asuransi umum, Suparno mengatakan bahwa Asuransi Astra mencatat peningkatan laba bersih sebesar 11% YoY menjadi Rp 763 miliar pada semester I-2024, yang didorong oleh peningkatan pendapatan underwriting dan hasil investasi yang lebih tinggi.

Namun, pada sektor asuransi jiwa, Astra Life mencatatkan pendapatan premi bruto sebesar Rp 3 triliun pada semester I-2024, mengalami penurunan 3% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Berdasarkan data semester I-2024, Astra Financial mengelola aset sebesar Rp 196,2 triliun dan melayani 32,2 juta pelanggan di seluruh Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .