KONTAN.CO.ID - PT Sedaya Multi Investama dengan brand Astra Financial kembali mendukung pagelaran konferensi pemasaran terbesar di Asia, yaitu MarkPlus Conference 2023 sebagai key partner. Kegiatan ini menjadi ajang bagi ahli pemasaran untuk berbagi strategi dan inovasi dalam memasarkan produk baik secara konvensional maupun digital. Astra Financial hadir bersama 9 unit bisnis, yaitu dengan brand FIFGROUP, ACC, TAF, Asuransi Astra, Astra Life, Maucash, AstraPay, Moxa dan SEVA di acara yang digelar di Ritz Carlton, Pacific Place Jakarta pada Kamis (8/12). Di 2022, ekonomi digital di Indonesia berada di angka dan diproyeksikan akan mencapai 130 miliar dollar pada 2025 (eConomy SEA 2022, Google, Temasek, & Bain). Terdapat banyak potensi yang besar dari beragam lini bisnis di ranah digital, khususnya di bidang finansial.
Menyambut potensi tersebut, dalam 5 tahun terakhir Astra Financial mengintegrasikan ekosistem keuangan 14 unit bisnis secara digital, serta secara aktif membangun new digital venture, dimulai dari tahun 2018 dengan brand Maucash, 2021 dengan brand Astrapay dan Moxa, serta pada tahun 2022 merilis brand Seva dan mengakuisisi Bank Jasa Jakarta untuk pengembangan layanan bank digital. Moxa sebagai Interconnected Hub Astra Financial Dalam acara ini, salah satu unit bisnis Astra Financial, yaitu PT Astra Kreasi Digital dengan brand Moxa, wealth tech app yang menyediakan life cycle financial solution atau solusi keuangan pelanggan di setiap fase kehidupan turut hadir dalam sesi expert panel, memaparkan kapabilitas Moxa sebagai sebuah Interconnected Hub dari Astra Financial. CEO MOXA, Daniel Hartanto dalam sesi panel expert dengan tema “The Rise of Optimism” di Markplus Conference 2023, menjelaskan “Terdapat potensi yang sangat besar pada ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Dalam mendukung perkembangan teknologi keuangan, Moxa menerapkan sistem Open Application Programming Interface (API) guna membangun kolaborasi bersama perusahaan jasa keuangan terpercaya baik dalam ekosistem Astra maupun lainnya. Hal ini sejalan dengan konsep Interconnected Hub Moxa, dimana konsumen dapat mendapatkan berbagai layanan keuangan dalam satu aplikasi.” Melalui sistem Open API, Moxa dapat lebih cepat berkolaborasi dengan mitra-mitra strategis. Saat ini terdapat lebih dari 300 kerjasama open API yang dijalankan Moxa bersama para mitra. Kedepannya, secara strategis, Moxa akan terus menambah kerjasama ini untuk mendukung percepatan kolaborasi digital. Salah satu kolaborasi Open API Moxa adalah bersama PermataBank untuk memberikan layanan PermatamoxaKu, yang memberikan kemudahan membuka rekening melalui aplikasi Moxa. Astra Financial telah mengembangkan API dalam ekosistem digital milik Astra, dimana aplikasi seperti MOXA dan AstraPay merupakan platform yang saling terhubung sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakan berbagai jenis layanan keuangan digital dengan lebih efisien. Kedepannya, Moxa dan berbagai unit bisnis Astra Financial lainnya akan terus melanjutkan kolaborasi untuk mengoptimalkan ekosistem dalam grup Astra serta di luar Astra untuk memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan.