Astra International (ASII) Tuntaskan Akuisisi OLX Indonesia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten konglomerasi, PT Astra International Tbk (ASII) melalui anak usahanya, telah menuntaskan akuisisi PT Tokobagus yang merupakan perusahaan iklan digital otomotif dengan merek OLX. 

Dengan akuisisi ini, Astra resmi menggenggam 100% saham OLX Classifieds melalui dua anak usaha. Adapun PT Astra Digital Mobil sebesar 99,98% dan PT Astra Digital Internasional sebesar 0,02%.

Direktur Astra International Gidion Hasan menyampaikan aksi korporasi ini merupakan salah satu langkah yang ditempuh Grup Astra dalam mengakselerasi transformasi digital untuk menjadi perusahaan yang berkelanjutan. 


Baca Juga: Efektif 1 September 2023, AUTO, CUAN, SMSM Masuk Indeks MSCI Small Cap

"Akuisisi ini diharapkan mampu memperkuat ekosistem digital Grup Astra, menawarkan solusi menyeluruh bagi pelanggan serta semakin mendorong kemajuan industri otomotif di Indonesia,” kata dia dalam keterangan resmi, Jumat (11/8). 

Gidion bilang sejalan dengan pengembangan strategi bisnis, Grup Astra berkomitmen untuk memberikan transisi yang mulus dan memastikan kelangsungan layanan bagi pengguna platform iklan baris digital OLX.

"Sinergi OLX dan ekosistem digital Grup Astra siap mengantarkan era baru yang dapat memberikan seamless experience, inovasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan," ucap dia. 

Sebagai bagian dari Grup Astra, OLX akan mulai dengan identitas barunya dan hadir sebagai Trade-In Partner di GIIAS 2023 dengan berkolaborasi bersama Astra

Lydia Ventura Paterson, Chief Executive Officer OLX Group menambahkan pihaknya percaya kehadiran Astra cocok untuk mengelola dan meningkatkan pengalaman pengguna serta mendorong pertumbuhan bisnis OLX.

"Kami yakin bahwa platform iklan baris digital OLX berada di tangan yang tepat, dan Astra akan membawa iklan baris digital OLX ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar Lydia. 

Ini bukan pertama kalinya Grup Astra masuk ke bisnis mobil bekas. Asal tahu saja, Astra Digital Mobil merupakan asosiasi bisnis dari PT Serasi Autoraya yang bergerak di bidang layanan transportasi dan logistik. 

Baca Juga: Astra Telah Menyelesaikan Akuisisi OLX Classifieds

Saat ini, ASII memiliki 100% saham dari Seraya Autoraya. Astra Digital Mobil memiliki platform jual-beli mobil bekas bernama Mobbi yang diluncurkan pada 2022. 

Sebelum mengoperasikan Mobbi, Grup Astra melalui Serasi Autoraya juga sudah berpengalaman di bisnis kendaraan bekas. Perusahaan tersebut memiliki situs jual-beli mobil bekas yakni mobil88. 

Seraya Autoraya juga memiliki balai lelang kendaraan bekas yakni IBID. Selain melelang mobil dan motor bekas, IBID juga memfasilitasi lelang alat berat dan produk-produk lifestyle.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi