Astra International targetkan pangsa pasar 50% di bisnis mobil



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra International Tbk (ASII) berusaha menjaga market share penjualan otomotif sebesar 50% hingga akhir tahun ini. Beberapa strategi disiapkan ASII agar pangsa pasar bisa bertahan di kisaran 50%.

"Kami tetap jaga dengan kapasitas produksi Rush dan Terios sebanyak 13.000 unit per bulannya" kata Prijono Sugiarto, Presiden Direktur ASII, Selasa (28/8). Dari 13.000 unit mobil yang diproduksi per bulan, sebanyak 3.000 unit diantaranya akan diekspor ke luar negeri.

Dengan terjaganya market share tersebut, ASII berharap pendapatan perusahaan yang berasal dari sektor otomotif tak lagi flat. Penjualan mobil ASII di sepanjang semester I-2018 mencatatkan penurunan sebesar 10% menjadi 268.000 unit akibat ketatnya kompetisi sehingga pangsa pasar ASII turun menjadi 48% dari sebelumnya 56%.

Namun demikian, di bulan Juli 2018, pangsa pasar ASII kembali mencatatkan kenaikan menjadi sebesar 51% dengan dukungan dari produksi Rush dan Terios. Sepanjang semester I-2018, laba bersih dari bisnis otomotif Grup Astra stabil di angka Rp 4,2 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat