Astra melemah di pasar mobil, menguat di motor



JAKARTA. Kinerja bisnis Grup Astra di sektor otomotif agak terganggu di awal 2015. Penjualan total lima merek andalan di bawah naungan Grup Astra, Januari 2015, turun 20,2% menjadi tinggal 43.715 unit dibandingkan Januari 2014, yakni 54.821 unit.

Dari data penjualan otomotif Grup Astra, penurunan ini sontak menggerus penguasaan pangsa di pasar mobil nasional, menjadi tinggal 46% dari sebelumnya 53%. Sedangkan total pasar mobil nasional, yang hanya anjlok 9%.

Lima merek andalan Grup Astra, meliputi Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, dan Peugeot. Toyota sebagai penopang utama penjualan, turun dari 35.886 unit menjadi 27.175 unit. Penjualan Daihatsu juga turun, tercatat hanya 14.536 unit, Isuzu 1.997 unit, dan Peugeot 7 unit.


Sepeda Motor

Meski kinerja penjualan di pasar mobil menurun, tapi Grup Astra tetap melanjutkan dominasinya di industri sepeda motor nasional. Melalui satu-satunya anak perusahaan PT Astra Honda Motor (AHM) yang bergelut di industri ini, Grup Astra berhasil menaikkan penguasaan pangsa pasar menjadi 68% dibandingkan kondisi Januari 2014, yang cuma 63 persen.

Hasil tersebut diperoleh, meskipun penjualan sepeda motor Honda turun 7,3% dari 366.797 unit menjadi 339.850 unit. Penguasaan pangsa pasar Honda justru naik, karena total pasar pada Januari 2015, juga turun 13,2% menjadi tinggal 502.783 unit dari sebelumnya 579.361 unit.

Pada bulan yang sama, Yamaha mencatatkan penjualan 140.243 unit, disusul Suzuki 11.389 unit, Kawasaki 10.782 unit, dan terakhir 519 unit dari TVS. (Agung Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia