AstraPay Raih 2 Sertifikasi Internasional di Bidang Manajemen Keamanan Informasi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform dompet digital PT Astra Digital Arta atau AstraPay meraih dua sertifikasi internasional di bidang manajemen keamanan informasi.

Chief Executive Officer AstraPay Rina Apriana mengatakan, pihaknya berhasil meningkatkan sertifikasi ISO 27001:2013 menjadi ISO 27001:2022 dan meraih sertifikasi baru, ISO 27701:2019, yang berfokus pada manajemen privasi informasi.

Baca Juga: AstraPay Sebut Belum Pernah Menemukan Adanya Indikasi Aktivitas Judi Online


"AstraPay telah memiliki sertifikasi ISO 27001:2013 sejak 2020, sebagai bukti komitmen perusahaan dalam menjaga keamanan informasi. Pada tahun ini, AstraPay berhasil memperbarui sertifikasinya ke versi terbaru, ISO 27001:2022, dengan cakupan yang lebih luas," ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (26/9).

Rina menerangkan, sertifikasi tersebut mencakup seluruh departemen di dalam organisasi, memastikan bahwa standar keamanan informasi diterapkan secara menyeluruh, mulai dari pengolahan data hingga proses operasional harian.

Lebih rinci, Rina mengatakan ISO 27001 adalah standar internasional untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi (Information Security Management System – ISMS), yang dirancang untuk membantu organisasi melindungi data dengan cara yang sistematis dan proaktif.

Baca Juga: AstraPay Catatkan 31.364 Transaksi Selama GIIAS 2024 Jakarta dan Surabaya

Dia bilang, pembaruan ke versi 2022 memperlihatkan langkah proaktif AstraPay dalam menghadapi dinamika perubahan ancaman keamanan digital.

Selain pembaruan ISO 27001, Rina menyebut AstraPay juga mendapatkan sertifikasi ISO 27701:2019, suatu standar yang merupakan ekstensi dari ISO 27001:2022, khusus terkait dengan manajemen privasi informasi.

Dia menerangkan, sertifikasi itu berfokus pada pengelolaan data pribadi, khususnya data pelanggan yang menggunakan aplikasi AstraPay.

"Dengan mendapatkan sertifikasi ISO 27701:2019, AstraPay memastikan bahwa seluruh proses pengumpulan, penyimpanan, dan pengelolaan data pelanggan dilakukan sesuai standar privasi global," tuturnya.

Baca Juga: SEVA Perkuat Inovasi dan Literasi Keuangan untuk Pacu Pertumbuhan Bisnis

Rina mengatakan langkah tersebut menunjukkan keseriusan AstraPay dalam melindungi privasi pengguna dari potensi penyalahgunaan data dan menjamin keamanan informasi secara holistik.

“Pencapaian sertifikasi tersebut juga merupakan langkah penting dalam menjaga kepercayaan pelanggan. Kami terus berinvestasi dalam sistem dan teknologi yang menjamin bahwa data pelanggan aman dan dikelola secara etis,” ujarnya.

Melalui pencapaian tersebut, Rina menyampaikan AstraPay berkomitmen untuk terus memperkuat upaya dalam mengantisipasi risiko keamanan siber dan memastikan bahwa pengguna dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman. 

Selanjutnya: Aset BNI Tumbuh Signifikan dalam 5 Tahun, Ini Pendorongnya

Menarik Dibaca: AirAsia dan Airbus Kerjasama Inisiatif Keberlanjutan Penerbangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto