AstraZeneca's Umumkan Imfinzi Gagal Uji Tahap Lanjut Mengobati Kanker Paru-Paru



KONTAN.CO.ID - REUTERS - AstraZeneca mengumumkan pada hari Selasa bahwa obat kanker andalannya, Imfinzi, gagal meningkatkan kelangsungan hidup bebas penyakit dalam uji klinis tahap lanjut untuk mengobati jenis kanker paru-paru stadium awal tertentu.

Imfinzi adalah antibodi monoklonal manusia yang bekerja dengan cara menghambat kemampuan tumor untuk menghindari dan melemahkan sistem kekebalan tubuh, sambil juga meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap kanker, menawarkan alternatif untuk kemoterapi.

Uji klinis Fase III ADJUVANT BR.31 tidak mencapai titik akhir utama dari kelangsungan hidup bebas penyakit dibandingkan dengan plasebo pada kanker paru-paru non-sel kecil stadium awal setelah pengangkatan tumor pada pasien yang tumornya mengekspresikan PD-L1 pada 25% atau lebih sel tumor, kata produsen obat tersebut.


Baca Juga: Gebrakan Kalbe Farma (KLBF) Lewat Obat Kanker Paru Sel Kecil

"Kami kecewa dengan hasil ADJUVANT BR.31," kata Susan Galbraith, wakil presiden eksekutif penelitian dan pengembangan onkologi di AstraZeneca.

Hasil terbaru ini bertolak belakang dengan hasil yang dipublikasikan pada bulan April, ketika perusahaan farmasi Inggris-Swedia tersebut mengatakan Imfinzi, dalam uji coba terpisah, membantu meningkatkan kelangsungan hidup pada pasien di tahap awal kanker paru-paru sel kecil, atau tipe agresif, memenuhi dua tujuan utama uji coba.

Editor: Syamsul Azhar