KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus Allianz Life Indonesia memberi pelajaran bagi perusahaan asuransi lain. Perusahaan asuransi mengantisipasi kecurangan klaim produk asuransi cash plan baik yang dilakukan nasabah maupun pihak lain. Masing-masing perusahaan asuransi memiliki cara sendiri. Misal PT Sun Life Financial Indonesia memiliki sistem pengawasan untuk meminimalisir hal tersebut. Chief Marketing Officer Sun Life Financial Shierly Ge mengatakan, prosedur yang dijalankan saat ini sudah cukup baik. Namun tentu masih ada peluang terjadi kecurangan. Menurut Shierly, pihaknya terus berkoordinasi dengan perusahaan asuransi lain guna mencegah tindakan merugikan. Seperti, nasabah yang terindikasi tidak baik akan terdeteksi dengan adanya koordinasi. "Koordinasi ini menjadi bagian penting salah satu meminimalisir kecurangan karena bisa di-cross check," ujar dia kepada KONTAN, Jumat (29/9).
Asuransi bikin tameng hindari kecurangan
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus Allianz Life Indonesia memberi pelajaran bagi perusahaan asuransi lain. Perusahaan asuransi mengantisipasi kecurangan klaim produk asuransi cash plan baik yang dilakukan nasabah maupun pihak lain. Masing-masing perusahaan asuransi memiliki cara sendiri. Misal PT Sun Life Financial Indonesia memiliki sistem pengawasan untuk meminimalisir hal tersebut. Chief Marketing Officer Sun Life Financial Shierly Ge mengatakan, prosedur yang dijalankan saat ini sudah cukup baik. Namun tentu masih ada peluang terjadi kecurangan. Menurut Shierly, pihaknya terus berkoordinasi dengan perusahaan asuransi lain guna mencegah tindakan merugikan. Seperti, nasabah yang terindikasi tidak baik akan terdeteksi dengan adanya koordinasi. "Koordinasi ini menjadi bagian penting salah satu meminimalisir kecurangan karena bisa di-cross check," ujar dia kepada KONTAN, Jumat (29/9).