Asuransi Kendaraan Bermotor Asuransi Cakrawala Sumbang 30% Terhadap Total Premi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (ACPI) menyampaikan, produk asuransi kendaraan bermotor memiliki kontribusi sebesar 30% hingga Agustus 2024 terhadap total premi perusahaan.

Wakil Presiden Direktur PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia Nico Prawiro mengatakan, premi asuransi kendaraan bermotor tercatat senilai Rp 368,5 miliar hingga September 2024. Ia menyebut adanya penurunan premi tersebut sebanyak single digit

“Adapun lini bisnis asuransi kendaraan bermotor menjadi salah satu kontributor terbesar terhadap total pendapatan premi. Namun produk asuransi properti masih mendominasi sebesar 60%. Sisanya dari produk lain seperti asuransi rekayasa dan asuransi pengangkutan," ujarnya kepada Kontan, Senin (7/10).


Baca Juga: Premi Asuransi Kendaraan Bermotor Melambat Seiring Lesunya Pasar Otomotif

Kendati demikian, ACPI optimistis bisa mencapai pertumbuhan premi asuransi kendaraan bermotor hingga akhir tahun ini. ACPI menargetkan total premi sampai akhir tahun 2024 bisa mencapai sebesar Rp 1650 triliun, target ini naik 10% jika dibandingkan dengan target tahun 2023.

Strategi yang diterapkan oleh ACPI di antaranya meningkatkan porsi produk kendaraan bermotor. Hal ini dilakukan karena penjualan otomotif diprediksi akan terus meningkat. Asuransi mobil dari ACPI menawarkan berbagai pilihan perlindungan dari Asuransi Mobil yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti All Risk dan Total Loss Only (TLO).

"Kami juga terus meningkatkan kerja sama dengan perbankan, perusahaan pembiayaan, perusahaan penunjang usaha asuransi atau broker Asuransi, FinTech Company, melakukan inovasi komunikasi dengan memanfaatkan teknologi informasi, dan Kerja sama pemasaran dengan pengembang FinTech," tambahnya.

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), asuransi kendaraan bermotor tercatat senilai Rp 10 triliun atau tumbuh sebesar 2% secara year on year (YoY) pada semester I-2024.

Selanjutnya: Tiga Saham Ini Melesat Ribuan Persen Sejak Awal Tahun, Cek Rekomendasi Sahamnya

Menarik Dibaca: 6 Tempat Terbaik untuk Melihat Aurora, Yuk Agendakan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .