Asuransi Perjalanan Jasindo Melesat 565% di Semester I-2022



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo mencatat pertumbuhan penjualan asuransi perjalanan yang signifikan di semester pertama tahun 2022. Peningkatan mencapai sekitar 565% dibandingkan tahun lalu di periode yang sama. 

Bila dibandingkan, ada peningkatan sebesar Rp 795 juta untuk asuransi perjalanan. Premi gross tercatat Rp 935 juta pada tahun 2022 dan Rp 140 juta pada tahun 2021.

Direktur Pengembangan Bisnis Asuransi Jasindo, Diwe Novara, menyebutkan kontribusi premi terbesar berasal dari bisnis representative office khususnya di Tegal dan Sorong serta dari Group Bisnis. 


Baca Juga: Penjualan Asuransi Kendaraan Bermotor Jasindo Capai Melewat Target di Semester I-2022

Pertumbuhan penjualan juga tak lepas dari strategi yang diterapkan perusahaan, seperti direct sales menggunakan website www.jasindotravel.co.id, kerjasama dengan perusahaan marketplace seperti Traveloka, Bukalapak dan Red Doors, serta kerjasama dengan agen-agen biro perjalanan umum dan biro wisata religi.

Diwe pun merinci, sejak awal peluncuran produk asuransi perjalanan pada September 2017, Asuransi Jasindo Travel mencatat premi sebesar Rp 50,8 juta di akhir tahun. Kenaikan signifikan tercatat di akhir 2018 di mana pertumbuhan yang terjadi adalah sebesar 194% dibandingkan dengan akhir 2017.

“Penurunan penjualan terbesar terjadi pada 2020 dengan pencapaian premi sebesar Rp 21 juta atau turun 84% dari tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19,” paparnya.

Baca Juga: Jasindo Mencatatkan Kenaikan Aset Rp 583,82 miliar pada Kuartal I/2022

Tak lama berselang, penjualan kembali naik pada 2021 dengan pencapaian premi sebesar Rp 140 juta atau naik sebesar 556% karena adanya penutupan bisnis dari Red Doors.

Sebagai informasi, asuransi perjalanan milik Jasindo memberikan benefit penggantian dari biaya medis darurat dan kecelakaan selama perjalanan. Benefit tersebut meliputi, penggantian biaya rawat inap dan rawat jalan termasuk di dalamnya kegiatan ekstrem, evakuasi dan pendampingan evakuasi, perlindungan keterlambatan alat transportasi, perlindungan keterlambatan dan kehilangan bagasi, perlindungan kehilangan uang dan dokumen perjalanan, hingga pada penggantian gadget kesayangan dan perlindungan rumah.

Diwe juga bilang masyarakat tak perlu datang ke kantor Asuransi Jasindo untuk melakukan klaim, cukup melalui website www.jasindotravel.co.id. Caranya hanya mengunggah dokumen klaim yang diminta dan pembayaran klaim diproses maksimal 14 hari kerja setelah status klaim disetujui.

“Kami memanfaatkan platform digital untuk mempermudah masyarakat mendapatkan asuransi ini,” pungkas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati