Asuransi TRIPA Serius Persiapkan Unit Asuransi Digital



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Tri Prakarta (TRIPA) sedang fokus menggarap unit digital terpisah (digital insurance) perusahaan yang rencananya akan masif dipasarkan 2026 mendatang. Direktur Utama TRIPA, G.C. Koen Yulianto mengatakan pada 2024 ini pihaknya sedang lagi mulai mengembangkan unit digital insurance.

Menurutnya perancangan ini memang bukan ditargetkan untuk dapat diresmikan tahun ini. Pada tahun 2025 mendatang diharapkan rencana tersebut matang dan siap diajukan ke pasar. 

Dirinya menambahkan sebagai pijakan awal, unit baru tersebut nantinya akan ditawarkan untuk internal BNI terlebih dulu sebagai trial. Baru kemudian di 2026 mendatang dipasarkan secara masif.


Ketika ditanya sejauh apa persiapannya, Koen menjawab dengan merujuk salah satu produk yang saat ini sudah dimiliki oleh perusahaan yakni TRIPA Smart. 

Baca Juga: Lini Usaha Asuransi Properti Masih Menyokong Bisnis TRIPA

Produk ini adalah sebuah Solusi Mobile Aplikasi yang Responsif dan Terintegrasi (SMART) dari PT Asuransi Tri Pakarta. Namun sayangnya operasional TRIPA Smart dinilai belum optimal sehingga perlu revisi di beberapa sisi. Salah satu yang paling krusial menurutnya adalah soal kemampuan konsumen mengakses layanan tersebut.

Business process-nya, produknya, kemudahan orang mengakses itu belum, jadi kita lagi benahin itu. Kita berharap Juni 2024 besok sudah clear. Baru tahun 2025 kita intensifkan lagi,” katanya.

Koen menegaskan bahwa perusahaannya enggan bertindak gegabah soal adaptasi sektor digital ini. Dirinya berharap bahwa ketika benar-benar diresmikan oleh perusahaan nantinya, unit digital tersebut dapat juga berkontribusi terhadap return TRIPA.

“Digital yang kita buat ya menghasilkan return. Jadi kita mau serius ke arah sana,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi