JAKARTA. Potensi peningkatan kredit bermasalah (non performing loan/NPL) pada kredit pemilikan rumah (KPR) tak serta merta membuat bank memilih solusi restrukturisasi kredit. Beberapa bank masih mengandalkan pendekatan persuasif dalam mengatasi NPL KPR. Tengok saja apa yang dilakukan Bank CIMB Niaga. Tony Tardjo, Head Consumer Lending CIMB Niaga mengatakan, pihaknya selalu melakukan upaya secara ketat saat proses approval customer ketika pengajuan aplikasi. "Kalau terjadi kesulitan pembayaran, kami mencoba mengerti permasalahan customer sebelum memberikan solusi," kata Tony kepada KONTAN, Senin (21/9). Tony bilang, salah satu solusi bagi nasabah yang mulai kesulitan membayar adalah restrukturisasi. Solusi ini sangat diutamakan sebelum jalan akhir berupa penyitaan jaminan. Namun, Tony menambahkan, saat ini CIMB Niaga belum banyak melakukan restrukturisasi.
Atasi NPL, bank tempuh upaya persuasif
JAKARTA. Potensi peningkatan kredit bermasalah (non performing loan/NPL) pada kredit pemilikan rumah (KPR) tak serta merta membuat bank memilih solusi restrukturisasi kredit. Beberapa bank masih mengandalkan pendekatan persuasif dalam mengatasi NPL KPR. Tengok saja apa yang dilakukan Bank CIMB Niaga. Tony Tardjo, Head Consumer Lending CIMB Niaga mengatakan, pihaknya selalu melakukan upaya secara ketat saat proses approval customer ketika pengajuan aplikasi. "Kalau terjadi kesulitan pembayaran, kami mencoba mengerti permasalahan customer sebelum memberikan solusi," kata Tony kepada KONTAN, Senin (21/9). Tony bilang, salah satu solusi bagi nasabah yang mulai kesulitan membayar adalah restrukturisasi. Solusi ini sangat diutamakan sebelum jalan akhir berupa penyitaan jaminan. Namun, Tony menambahkan, saat ini CIMB Niaga belum banyak melakukan restrukturisasi.