JAKARTA. Aturan pembatasan kepemilikan kartu kredit maksimal dua penerbit per nasabah semakin mengetatkan persaingan di bisnis ini. Bank rela mengeluarkan biaya puluhan miliar untuk menjaga loyalitas nasabah lama sekaligus mengincar nasabah baru. Pengeluaran itu salah satunya untuk co-branding dengan perusahaan lain. Bank Danamon misalnya, bekerjasama dengan Manchester United Football Club (MU) untuk co-branding kartu kredit dan debit. Dessy Masri, EVP Card Business Head Danamon, tidak menyampaikan secara pasti nilai kontrak kerjasamanya. Ia hanya menyebutkan, biayanya kisaran puluhan miliar. Sonny Wahyubrata, EVP Retail Banking Product Management Head Danamon, menjelaskan, saat ini jumlah kartu co-branding yang diterbitkan mencapai 140.000, terdiri dari 90.000 kartu kredit dan 50.000 kartu debit. Hingga akhir 2012, Danamon menargetkan dapat menerbitkan 15.000 kartu baru co-branding Danamon-MU.
Aturan kartu kredit ketat, bank cari strategi baru
JAKARTA. Aturan pembatasan kepemilikan kartu kredit maksimal dua penerbit per nasabah semakin mengetatkan persaingan di bisnis ini. Bank rela mengeluarkan biaya puluhan miliar untuk menjaga loyalitas nasabah lama sekaligus mengincar nasabah baru. Pengeluaran itu salah satunya untuk co-branding dengan perusahaan lain. Bank Danamon misalnya, bekerjasama dengan Manchester United Football Club (MU) untuk co-branding kartu kredit dan debit. Dessy Masri, EVP Card Business Head Danamon, tidak menyampaikan secara pasti nilai kontrak kerjasamanya. Ia hanya menyebutkan, biayanya kisaran puluhan miliar. Sonny Wahyubrata, EVP Retail Banking Product Management Head Danamon, menjelaskan, saat ini jumlah kartu co-branding yang diterbitkan mencapai 140.000, terdiri dari 90.000 kartu kredit dan 50.000 kartu debit. Hingga akhir 2012, Danamon menargetkan dapat menerbitkan 15.000 kartu baru co-branding Danamon-MU.