KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah penonton channel televisi menjadi acuan terhadap kinerja emiten media. Beberapa channel televisi masih dapat mempertahankan pangsa penontonnya Reza Priyambada, analis Binaartha Parama Sekuritas menyatakan, emiten yang punya audience share lebih besar berpotensi mereguk pendapatan iklan lebih besar. Jumlah pemirsa tersebut, menjadi salah satu acuan pengiklan untuk memasang iklan di televisi. “Pemasang akan merasa lebih efektif,” kata Reza kepada KONTAN, Jumat (2/3). Jumlah permirsa tersebut akan menjadi pembeda kinerja emiten media. Sebab, pertumbuhan kinerja nantinya seiring dengan perubahan audience share, yang berdampak pada pendapatan iklan. “Selain juga pendapatan konten yang merupakan pendapatan dari sisi digital,” imbuh Reza.
Reza menyatakan, untuk PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) dengan ragam media yang dimiliki, membuatnya mampu menghasilkan kinerja yang lebih baik. Hal itu dikarenakan banyaknya ruang pasar untuk menawarkan pilihan hiburan untuk pemirsa. “Sementara, PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) masih dapat bertahan di tengah persaingan media,” lanjutnya.