JAKARTA. PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) mencatatkan penurunan pangsa pemirsa alias audience shares. Penurunan audience shares emiten media ini tentunya berpotensi menggerus pendapatan iklan, apalagi beberapa emiten konsumer yang menjadi tulang punggung pendapatan iklan membuat kebijakan memotong anggaran belanja iklan. Analis Trimegah Securities, Kevie Aditya mengatakan, pada Juni 2017, pangsa pemirsa SCMA untuk prime time dan all time turun masing-masing 200 bps dan 150 bps menjadi 15,9% dan 14,5% month on month (mom). "Pangsa pemirsanya diambil ANTV," ujar Kevie dalam riset beberapa waktu lalu. Kevie memprediksi pelemahan ini akan berlanjut pada bulan Juli, dan juga ada risiko pelemahan akan berlanjut pada Agustus dan seterusnya. Meskipun demikian, ia memperkirakan, SCMA masih mencatat pertumbuhan pendapatan 10%- 2% pada kuartal II-2017, sebab pangsa pemirsa masih kuat di bulan April. Namun, untuk kuartal III-2017 diperkirakan akan turun menjadi 6%-8%.
Audience share turun, kinerja SCMA ditaksir turun
JAKARTA. PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) mencatatkan penurunan pangsa pemirsa alias audience shares. Penurunan audience shares emiten media ini tentunya berpotensi menggerus pendapatan iklan, apalagi beberapa emiten konsumer yang menjadi tulang punggung pendapatan iklan membuat kebijakan memotong anggaran belanja iklan. Analis Trimegah Securities, Kevie Aditya mengatakan, pada Juni 2017, pangsa pemirsa SCMA untuk prime time dan all time turun masing-masing 200 bps dan 150 bps menjadi 15,9% dan 14,5% month on month (mom). "Pangsa pemirsanya diambil ANTV," ujar Kevie dalam riset beberapa waktu lalu. Kevie memprediksi pelemahan ini akan berlanjut pada bulan Juli, dan juga ada risiko pelemahan akan berlanjut pada Agustus dan seterusnya. Meskipun demikian, ia memperkirakan, SCMA masih mencatat pertumbuhan pendapatan 10%- 2% pada kuartal II-2017, sebab pangsa pemirsa masih kuat di bulan April. Namun, untuk kuartal III-2017 diperkirakan akan turun menjadi 6%-8%.