Australia waspada setelah kemungkinan kasus komunitas Omicron pertama



KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Pihak berwenang Australia mengatakan pada Selasa (30/11), seorang pelancong internasional yang kemungkinan besar terinfeksi varian Omicron telah menghabiskan waktu di masyarakat.

Mengutip Reuters, pejabat kesehatan Negara Bagian New South Wales (NSW) mengatakan, pengujian awal "mengindikasikan kuat" pelancong yang tiba di Sydney pekan lalu, sebelum pembatasan perbatasan terbaru, terinfeksi varian Omicron.

Orang yang sudah divaksinasi lengkap itu sempat mengunjungi pusat perbelanjaan yang sibuk di Sydney. Semua penumpang dalam penerbangan orang tersebut telah diminta untuk isolasi mandiri selama 14 hari.

Jika terkonfirmasi, total kasus yang terinfeksi varian baru virus corona di Australia meningkat menjadi enam. Semua kasus lain telah dikarantina dan tidak menunjukkan gejala atau memiliki gejala yang sangat ringan.

Baca Juga: Singapura melaporkan 2 orang yang terinfeksi Omicron sempat transit di Bandara Changi

Laporan tentang kemungkinan kasus komunitas baru muncul menjelang pertemuan kabinet nasional Australia pada Selasa (30/11) untuk meninjau langkah-langkah yang bertujuan membatasi penyebaran varian Omicorn.

Australia pada Senin (29/11) menunda pembukaan kembali perbatasan internasionalnya selama dua minggu, kurang dari 36 jam sebelum siswa internasional dan pekerja migran terampil diizinkan masuk kembali ke negeri kanguru.

Hanya, Perdana Menteri Australia Scott Morrison pada Selasa mengatakan, dia akan mendesak para pemimpin negara bagian untuk melanjutkan rencana untuk membuka perbatasan internal sebelum Natal.

"Kita perlu membuat keputusan yang tenang. Jangan takut dengan ini (varian Omicron)," kata Morrison saat konferensi pers di Canberra, seperti dilansir Reuters.

Pembatasan perbatasan yang ketat dan penguncian cepat telah membantu Australia menjaga angka kasus Covid-19 relatif rendah, dengan sekitar 210.000 kasus dan 2.006 kematian.

Editor: S.S. Kurniawan