Avoskin Menapaki Dekade Pertama sebagai Brand Skincare Lokal Berkompetensi Inovasi



KONTAN.CO.ID - Avoskin, brand kecantikan asal Yogyakarta yang didirikan pada tahun 2014 oleh Anugrah Pakerti; CEO, Aris Nurul Huda; CIO, dan Ahmad Ramadhan; COO terus memperkuat posisinya sebagai salah satu brand skincare lokal terdepan di Indonesia dan ASEAN dengan mengusung konsep "Green & Clean Beauty".

Fokus Avoskin secara seimbang terletak pada kualitas produk dan juga komitmen akan keberlanjutan lingkungan dan pemberdayaan lokal. Ulang tahun ke-10 Avoskin pada 10 Oktober 2024 menandai tonggak sejarah Avoskin memasuki dekade pertama dalam menawarkan pilihan produk skincare lokal yang sejajar secara kualitas dengan produk internasional.

Didirikan pada Oktober 2014, Avoskin yang mencapai usia ke-10 pada Oktober 2024 lahir sebagai jawaban atas kebutuhan akan produk skincare aman, terpercaya, dan mumpuni. Mengombinasikan bahan alami dan aktif, Avoskin konsisten menghadirkan produk perawatan kulit inovatif berkualitas tinggi dan mengutamakan keamanan, memantapkan diri sebagai brand skincare lokal yang terus merawat nilai keberlanjutan pada seluruh proses mulai dari konsep hingga pemasaran dan pasca-penggunaan.


Memenuhi kebutuhan perawatan kulit dengan kajian mendalam Produk pertama Avoskin yakni basic skincare series pada 2014 sukses meraih perhatian publik sebagai skincare lokal yang menitikberatkan inovasi dan keamanan. Diikuti dengan Perfect Hydrating Treatment Essence (PHTE) pada 2016 yang mengantarkan Avoskin pada popularitas berkat keberaniannya sebagai brand skincare lokal pertama yang meluncurkan PHTE.

Avoskin terus melahirkan produk inovatif lainnya seperti Miraculous Refining Series pada 2018 yang menjadi pioneer untuk trend chemical exfoliator di Indonesia, dimana saat itu masih jarang terpapar produk sejenis. Fokus pada eksfoliasi kulit, rangkaian produk ini disempurnakan dengan kehadiran Miraculous Retinol Series yang ditujukan untuk mengatasi penuaan dini dengan kandungan aktif dan ekstrak bahan alami.

CEO Avoskin; Anugrah Pakerti menyatakan bahwa keseriusan Avoskin menciptakan produk inovatif berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan pendapatan Avoskin. Secara rata-rata, brand Avoskin mencatatkan pertumbuhan hingga double digit.

“Deretan produk inovatif Avoskin berperan penting dalam mendorong pertumbuhan pendapatan Avoskin pada kurun waktu 2019 sampai saat ini hingga lebih dari 40%. Angka yang jauh lebih tinggi dikomparasi dengan pertumbuhan pendapatan industri skincare pada umumnya sepanjang periode 2019-2024 yang sebesar 2-4%*.”

“Demi melahirkan produk skincare yang menjawab kebutuhan perawatan kulit dengan tepat, penting bagi Avoskin jeli mengamati dan mengantisipasi pergerakan tren perawatan kulit yang sedang bergulir. Didukung riset dan observasi mendalam, memaksimalkan tim Avoskin membuahkan ide inovatif yang diikuti dengan perencanaan formulasi produk secara akurat, dengan mempertimbangkan fungsi yang mampu menjawab kebutuhan kulit dengan seksama, berbekal bahan aktif dikombinasikan dengan kandungan natural untuk memenuhi kebutuhan perawatan kulit sesuai jenis kulit yang tepat, “ tambahnya.

Data internal PT Avo Innovation and Technology menunjukkan Top 5 Kontribusi Produk yang memberikan andil luar biasa pada kinerja bisnis Avoskin sepanjang 2020-2024: ●    Miraculous Refining Toner ●    Miraculous Retinol Ampoule ●    YSB Serum Alpha Arbutin ●    YSB Serum Niacinamide ●    YSB Serum Vitamin C

Seiring dengan pengakuan dan penghargaan dari berbagai media beauty kredibel bagi Avoskin akan kualitas inovasi yang dimiliki, secara keseluruhan capture value bertumbuh pesat. Hingga kini dominasi pertumbuhan berasal dari kanal online (lebih dari 60%). Secara market landscape situasi ini menunjukkan peluang Avoskin yang terbuka lebar untuk memperkuat kanal distribusi yang dapat memadukan jaringan distribusi online dan offline. Peluang wilayah yang belum menjadi fokus penetrasi juga masih sangat luas, dengan harapan inklusivitas yang ingin dibawa Avoskin dapat terefleksi melalui jangkauan geografis di masa depan.

Diversifikasi Produk hingga Pendekatan Edukatif jadi Strategi Bisnis Selalu setia pada nilai yang dimiliki, prioritas utama Avoskin adalah bertumbuh selaras kualitas, serta menciptakan jajaran produk inovatif yang bisa diterima dengan baik oleh customer. Jenis produk Avoskin yang beragam tak lepas dari upaya perluasan bisnis melalui lini produk baru dengan target pasar berbeda, sehingga market kian luas dan bervariasi.

Avoskin berhasil menjadi top of mind skincare di kategori produk serum dan exfoliating toner seperti YSB Alpha Arbutin Serum, YSB Vitamin C Serum, YSB Lactic Acid, Advanced Action Eye Ampoule, Miraculous Refining Toner, Miraculous Refining Serum, Miraculous Retinol Ampoule. Seluruhnya berhasil mendapatkan penghargaan dari berbagai media dan partner sehingga membuat Avoskin menjadi salah satu opsi utama produk skincare berkualitas di Indonesia.

Kesuksesan ini terus didukung dengan rilisan sederet produk inovatif baru setiap tahun, seperti di tahun 2023-2024 ini Avoskin mulai merambah produk kategori baru yaitu hybrid skincare-makeup product, setelah sebelumnya juga menghadirkan produk untuk kategori body care. Melalui produk-produk kategori baru ini Avoskin berharap bisa terus menawarkan produk perawatan kulit yang fungsional dan efektif sesuai kebutuhan.

Agar pasar memahami keunggulan inovasi produk, Avoskin melakukan strategi pendekatan edukatif, solutif dan ramah, dengan demikian customer bisa memahami dengan tepat fungsi produk dalam mengatasi masalah kulit. Gaya komunikasi yang bersahabat diterapkan baik melalui sosial media maupun bantuan layanan pelanggan interaktif dengan beauty advisor Avoskin terlatih.

Peranan Nilai Keberlanjutan terhadap Perkembangan Brand Avoskin di Industri Kecantikan Banyaknya brand skincare yang ikut serta di tengah industri kecantikan selama 10 tahun terakhir memunculkan sejumlah sudut pandang. Di satu sisi menunjukkan peluang yang ada, namun turut menampilkan fakta akan kecilnya kans masuk dalam industri membuat pasar industri kecantikan sangat tersaturasi. Dibutuhkan keunikan sebagai poin pembeda yang jelas bisa dirasakan manfaatnya oleh customer.

Berdasarkan internal data yang diperoleh melalui survei pada target pasar menunjukkan bahwa Avoskin diingat sebagai brand yang memiliki value kuat di bidang sustainability. Hal ini menjadi pembeda jelas dibandingkan brand skincare Indonesia lainnya. Value tersebut juga terimplementasi dalam ragam program turunan campaign #LoveAvoskinLoveEarth yang berpusat pada keberlanjutan seperti #MulaiDariMejaRias dan #GlowingMilikSemua yang fokus pada hak setiap perempuan dan laki-laki untuk memiliki kulit glowing.

Konsistensi akan value sustainability direalisasikan melalui seluruh produk, diantaranya dengan memakai bahan natural dan kemasan ramah lingkungan, hingga beragam program CSR di bidang pelestarian lingkungan hingga women & child empowerment. Kesadaran Avoskin sebagai produk yang menganut konsep keberlanjutan merupakan salah satu peluang unik yang dapat dipromosikan secara konsisten, karena kesadaran customer terhadap lingkungan pada dekade ini semakin meningkat. Customer tidak hanya mendapatkan manfaat produk, namun juga memiliki kontribusi terhadap tujuan positif yang lebih besar.

“Setiap keputusan bisnis akan memiliki acuan kriteria yang lebih panjang, karena lebih banyak hal yang dikalkulasi terkait dampak yang diciptakan. Secara keseluruhan, semakin banyak customer yang sadar dan mendukung gagasan kami untuk terus berinovasi dengan tetap memperhatikan aspek-aspek kelangsungan lingkungan, seperti lebih mindful dalam membeli produk, dan terlibat langsung dalam upaya mengurangi sampah kemasan produk skincare serta upcycle kemasan menjadi barang yang memiliki nilai tambah. Fokus ini memiliki pengaruh bisnis jangka panjang yang cukup kuat dan memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian customer akan produk Avoskin,” jelas Anugrah Pakerti.

Perjalanan Avoskin mendunia; #FromLocaltoGlobal dengan "Green & Clean Beauty  Concept" Demi memperluas jangkauan ekspansi, Avoskin juga menjalin komunikasi positif dengan mitra potensial dari berbagai negara Asia Tenggara. Saat ini Avoskin telah memperluas distribusi produknya antara lain ke Vietnam pada 2021, Singapura pada 2022, dan Brunei Darussalam pada 2023 serta akan segera melakukan penjualan di Malaysia pada kuartal pertama tahun 2025. Seluruhnya setia berpegang pada konsep “Green & Clean Beauty.”

Bertujuan semakin menciptakan kemudahan bagi customer Avoskin dalam mendapatkan produk, rencana perluasan ini dilakukan dengan cermat untuk menghindari beban perusahaan yang tidak diharapkan di kemudian hari. Selain itu fundamental untuk terus bertumbuh secara jangka panjang penting terus diperhatikan sehingga sejalan dengan rencana inovasi maupun rencana pengembangan talenta perusahaan.

Avoskin menitikberatkan pada strategi tumbuh jangka panjang yang dipercaya lebih kokoh secara mendasar, seiring dengan semakin matangnya kualitas ekonomi negara, senada dengan masyarakat yang akan semakin aware dengan brand yang memiliki dampak positif ke bumi dan masifnya ekosistem pada industri kecantikan.

Tantangan Avoskin saat ini tidak hanya datang dari skala lokal namun juga global. Brand lokal dengan dukungan ekosistem industri yang membuat produk menjadi lebih efisien sehingga memiliki keunggulan dari faktor kualitas dan harga, menjadikan persaingan kian ketat. Demikian pula dengan kapital yang intensif dalam berinvestasi besar di sektor pemasaran, berikan keuntungan bagi brand besar dalam melakukan market penetration dalam jangka pendek.

Penetrasi produk impor ke pasar Indonesia juga berikan tantangan tersendiri yang mendorong peningkatan tren perang harga di industri skincare Indonesia, turut berikan tekanan pada Avoskin dalam menjaga keseimbangan margin keuntungan perusahaan.

Bagi Avoskin selalu ada peluang di setiap niche market yang dapat dipoles menjadi lebih besar. Menghadapi masa yang akan datang, Avoskin menyatakan akan memberikan perhatian pada poin berikut: 1.    Peningkatan market share lebih dominan dengan meningkatkan ketersediaan fasilitas distribusi untuk penyebaran produk Avoskin ke seluruh Indonesia sebagai salah satu penerapan rencana jangka pendek. 2.    Relevansi inovasi produk dengan upcoming generation; merotasi produk Avoskin untuk pengembangan produk dalam kategori lebih luas dengan menyederhanakan manfaat antara dekorasi dan perawatan. 3.    ⁠Memperkuat hubungan baik dengan customer salah satunya menambah jangkauan pengalaman belanja yang unik melalui flagship store. 4.    Ekspansi di skala ASEAN dengan persepsi fast growing beauty brand yang memiliki movement kuat terkait sustainability, konsisten pada value “Green & Clean Beauty Concept”. 5.    Komitmen 100% sustainable value chain.

Avoskin percaya bahwa potensi market skincare lokal yang sangat masif berkembang selama beberapa tahun terakhir masih menyediakan peluang bagi Avoskin. Didukung dengan ekosistem industri kecantikan di Indonesia yang terus bertumbuh secara positif, dipengaruhi adopsi digital yang pesat, akan berikan dampak baik ke seluruh pihak.

“Sebagai pelaku bisnis yang senantiasa berupaya menghadirkan inovasi produk terbaik, Avoskin yakin akan terus eksis untuk mengedukasi customer potensial akan produk berkualitas yang aman dan berkontribusi positif pada lingkungan. Dengan ekosistem market lokal yang kian positif, harapannya supaya seluruh pihak termasuk pemerintah dapat mengoptimalkan seluruh potensi yang ada dengan kebijakan yang lebih ramah untuk market, tak terkecuali bagi Avoskin,” tutup Anugrah Pakerti.

Tentang Avoskin Avoskin lahir pada 2014 di Yogyakarta, Indonesia, sebagai produk skincare yang berkomitmen menghadirkan produk berkualitas tinggi dan aman dengan memadukan bahan-bahan alami & aktif. Tidak hanya peduli pada kulit, Avoskin juga melakukan gerakan nyata untuk menjaga bumi melalui kampanye “Green & Clean Beauty Concept”. Dalam menjalankan bisnisnya, Avoskin berpedoman pada tiga prinsip, People, Profit, Planet. Avoskin mewujudkan prinsip-prinsip ini melalui perdagangan yang adil, pemberdayaan sosial, dan penerapan program berkelanjutan untuk konservasi alam.

Sejak tahun 2014 hingga saat ini, Avoskin telah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan berbagai program pemberdayaan. Seperti mendirikan Komunitas RUBI pada tahun 2017 hingga berkolaborasi dengan Torajamelo dan Duanyam. Avoskin juga terus menjalankan program pelestarian lingkungan dengan melakukan kerja sama dengan mitra seperti WWF pada tahun 2018 hingga BOS Foundation dan Waste4Change selama tahun 2021 & 2022 untuk adopsi orangutan, reboisasi, dan pengelolaan limbah kemasan Avoskin dari sahabat avo.

Avoskin hadir dengan produk yang mengedepankan inovasi dan menonjolkan kombinasi bahan aktif alami untuk menghadirkan produk dengan fungsi optimal dalam merawat kulit. Selain itu, mulai dari proses produksi hingga promosi, Avoskin mengedepankan unsur keberlanjutan untuk memastikan produk yang dihadirkan tidak menjadi beban bagi bumi.

Baca Juga: Beautyhaul Mart Hadir Kembali dan Langsung Mendapat Perhatian Para Beauty Enthusiast

Selanjutnya: Terima Pendanaan US$ 1 Juta, Kisai Entertainment Akan Kembangkan Produksi Webtoon

Menarik Dibaca: Havaianas Warehouse Big Sale 2024, Ini Saatnya Bersantai di Bali dan Nikmati Diskon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti