Awal Musim Kemarau di Indonesia Terjadi pada Bulan Apa?



KONTAN.CO.ID - Awal musim kemarau di Indonesia terjadi pada bulan Juni dan Juli 2022. Namun, awal musim kemarau di Indonesia bisa berbeda-berbeda di setiap pulau. 

Dirangkum dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dibandingkan dengan rata-rata awal musim kemarau periode 1991-2020, sebagian  besar  wilayah Indonesia atau sekitar 52,75% mengalami awal musim kemarau mundur.

Sedangkan sebanyak 28,1% wilayah Indonesia mengalami musim kemarau maju dan 19,2% wilayah di Indonesia mengalami awal musim kemarau sama.

Sementara puncak musim kemarau 2022 di Indonesia di sebagian besar wilayah diperkirakan terjadi pada Agustus 2022. 

Lantas, seperti apa perincian awal musim kemarau di masing-masing pulau di Indonesia?

Baca Juga: BMKG Beberkan Penyebab Suhu Dingin di Beberapa Wilayah Indonesia, Apa yang Terjadi?

Musim kemarau di Indonesia terjadi pada bulan apa?

1. Musim kemarau di Sumatra

Awal musim kemarau di Sumatra diprakirakan berkisar pada Januari hingga Juli 2022. Sedangkan puncak musim kemarau 2022 di Pulau Sumatra umumnya  diprakirakan terjadi pada Juni.

2. Musim kemarau di Jawa

Awal musim kemarau 2022 di Pulau Jawa diprakirakan berkisar pada April dan Mei 2022. Sementara puncak musim kemarau 2022 di sebagian besar Pulau Jawa akan terjadi pada Agustus. 

Baca Juga: Cuaca Hari Ini di Jakarta dan Sekitarnya dari BMKG, Potensi Hujan Petir di Daerah Ini

3. Musim kemarau di Bali dan Nusa Tenggara

Awal musim kemarau 2022 di Bali dan Nusa Tenggara diprakirakan berkisar pada Maret hingga Mei 2022. Sedang puncak musim kemarau 2022 di Bali dan Nusa Tenggara diprakirakan terjadi pada kisaran bulan Juli. 

4. Musim kemarau di Kalimantan

Awal musim kemarau di Kalimantan diprakirakan berkisar pada Mei hingga Agustus 2022. Sementara puncak musim kemarau di Kalimantan diprakirakan terjadi pada Juli dan Agustus. 

Baca Juga: BMKG: Cuaca Besok di Jakarta Sekitarnya Berawan, Berpotensi Hujan Ringan

5. Musim kemarau di Sulawesi

Awal musim kemarau 2022 di Pulau Sulawesi diprakirakan berkisar Maret hingga September 2022. Adapun pundak musim kemarau di Sulawesi diprakirakan terjadi pada September. 

6. Musim kemarau di Papua dan Maluku 

Awal musim kemarau 2022 di Maluku dan Papua diprakirakan berkisar pada Mei hingga Oktober 2022. Sedang puncak musim kemarau di Papua dan Maluku 2022 diprakirakan terjadi pada kisaran Agustus dan September. 

Demikian informasi mengenai awal musim kemarau di Indonesia terjadi pada Juni dan Juli 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News