KONTAN.CO.ID - Setelah mendapatkan penghargaan sebagai Top Performing Agent tahun 2022—2023 dari Qatar Airways pada Maret lalu, kini Via.com Indonesia berkolaborasi dengan maskapai tersebut menggelar event Awarding Night & Gala Dinner di Hotel Mandarin Oriental Jakarta bagi 20 Top Contributor Via.com pada Senin (10/4). Mereka terpilih menerima penghargaan atas prestasinya dalam transaksi yang tinggi untuk penerbangan Qatar Airways. Direktur Via.com Indonesia Srinivas Murthy menyampaikan, “Event malam ini adalah bentuk penghargaan dan apresiasi bagi 20 Top Contributor Via.com Indonesia yang sudah memberikan kontribusi terbaik dalam penjualan penerbangan Qatar Airways. Ukuran pencapaian ini tentunya tidak lepas dari perhatian kami ke para Mitra Via.com agar dapat terus tumbuh berkembang dan meningkatkan transaksi. Semoga ke depan, Via.com Indonesia melalui para Mitra Via selalu bisa memberikan hasil dan berkontribusi lebih maju dan sukses dalam penjualan penerbangan Qatar Airways.” Event bertajuk ‘Awarding the Best, Inspiring the Rest’ ini tak hanya ajang tatap muka langsung antara para pelaku bisnis dengan pihak Via.com Indonesia dan Qatar Airways Indonesia. Event ini sekaligus momen apresiasi bagi para Mitra Via.com.
Dalam sambutannya, AVP Distribution Via.com Indonesia, Soumik Choudhury mengatakan, "Ini merupakan pertama kalinya di Indonesia, sebuah perusahaan wholesaler terbesar di Indonesia bekerja sama dengan suatu maskapai terutama Qatar Airways untuk memberikan penghargaan kepada para Mitra Via.com. Acara joint event ini sendiri diselenggarakan karena kami merasa bangga atas pencapaian para mitra yang luar biasa dalam transaksi penerbangan Qatar Airways ke para pelanggan mereka. Adapun Mitra Via.com yang hadir saat ini berasal dari berbagai wilayah, mulai dari Banten, Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, hingga yang terjauh dari Timor Leste.” Sepanjang tahun 2022 hingga 2023, industri pariwisata dan penerbangan memang seolah mendapatkan angin segar. Hal ini pun turut dirasakan oleh lebih dari 23.000 Mitra Via.com. Di masa kebangkitan pariwisata sepanjang tahun 2022 tersebut, pencapaian membanggakan diperoleh Via.com Indonesia guna terus mendukung pertumbuhan dan perkembangan para mitranya. 95% permintaan masuk dari Customer/ mitra ke Via.com (terutama melalui e-mail) berhasil tertangani. Adanya metode pembayaran baru yang kian praktis. Proses top up manual yang makin cepat. Meluncurkan sistem keamanan OTP untuk meningkatkan keamanan akun para Mitra Via. Meluncurkan produk baru yakni Asuransi dan Bus. Dan juga program bersua kembali dengan Mitra Via secara langsung dengan adanya 12 kali gathering GROW with VIA.COM di kota-kota besar Pulau Jawa-Bali dan 28 Webinar bersama maskapai domestik & internasional (termasuk Qatar Airways). Acara pun dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada 20 Top Contributor. Dengan diiringi musik latar khas acara-acara penghargaan yang menggema, satu demi satu para Mitra Via.com maju untuk menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Direktur Via.com Indonesia Srinivas Murthy dan Country Manager Qatar Airways Indonesia Luciana Siwu. Dari 20 Top Contributor tersebut, terpilihlah 3 TERBAIK untuk menerima plakat istimewa yang jatuh kepada PT Kamilah Berkat Guru, PT Permata Azzumar Wisata, dan PT Indah Tour. “Alhamdulillah kita sangat terbantu sekali dengan produk-produk Via.com, dan juga ticketing. Kami sangat berterima kasih bisa diundang ke sini ke acara Awarding Night 2023,” tutur Pak Muhammad Zulfan dari PT Kamilah Berkat Guru yang berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Selanjutnya merupakan sesi perkenalan dengan Tim Via.com Indonesia, karena ada beberapa Mitra Via.com yang berasal dari luar Pulau Jawa dan selama ini belum pernah mengenal secara langsung para sosok di balik perusahaan The Largest Travel Exchange in B2B ini. Tak ketinggalan ini menjadi momen sharing juga di mana para mitra menceritakan pengalaman mereka yang unik dan menarik, seperti saat Tamu mereka menggunakan layanan Qatar Airways yang sangat memuaskan dan ternyata melebihi ekspektasi. “Terima kasih sudah memberikan saya kesempatan untuk berada di sini. Saya merasa bangga karena kebersamaan kita, Via.com selalu support kita. Selalu enjoy dan bersyukur karena bersama Via.com kita selalu sukses,” ucap Pak Virgilio dari Luvi Travel, yang datang langsung dari Timor Leste. Sambil menunggu waktu berbuka, acara diisi oleh Digital Marketing Manager Via.com Indonesia Ramanda Raka Aditya mengenai digital marketing dan bagaimana memanfaatkan media sosial dalam industri travel. Tak berselang lama, suara adzan pun terdengar. Para tamu undangan mulai menikmati aneka sajian pilihan oleh Mandarin Oriental Jakarta. Beberapa tamu undangan ada yang makan di meja sambil bercakap-cakap dengan Tim Via.com atau sesama mitra, ditemani oleh tayangan video di layar proyektor mengenai layanan Qatar Airways maupun video oleh vlogger saat merasakan pengalaman menggunakan maskapai ini. Keakraban juga nampak antara Tim Qatar Airways dengan Tim Via.com maupun mitra di area buffet. Di akhir acara, Country Manager Qatar Airways Indonesia Luciana Siwu menyampaikan kesan dan harapannya, “Acara Via.com kali ini sangat meriah dan juga mengundang para Travel Agent mitranya. Qatar Airways sangat senang bekerja sama dengan Via.com selama ini. Kita berharap ke depannya dapat makin sukses dalam mengembangkan Via.com dan Qatar Airways di mana kita saling bersinergi untuk sama-sama maju di industri travel dan penerbangan.” Tentang Via. com Merupakan perusahaan e-commerce dan travel agent online, terlengkap dan ternama di Asia. Perusahaan yang didirikan di India pada tahun 2006 ini menawarkan kemudahan, kualitas serta efisiensi biaya. Pada tahun 2008, Ebix Group telah mengakuisisi Via.com dan sekarang perusahaan ini menjadi bagian dari Ebix Group. Masuk ke Indonesia pada tahun 2011, Via.com juga dapat dijumpai di beberapa negara lainnya seperti India, Singapura, Filipina, Thailand, Hong Kong, Saudi Arabia, Oman, dan UEA.
Menghadapi persaingan global, khususnya di masa pandemi dan pascanya, Via. com senantiasa berinovasi, menghadirkan layanan paripurna serta menjaga kepercayaan para Mitra dan Customer. Via.com telah memberikan warna baru akan kebutuhan masyarakat dunia terhadap produk travel yang praktis, lengkap, termasuk penunjangnya seperti penerbangan, kereta api, bus, hotel, paket liburan, isi ulang pulsa, PPOB, PELNI, Asuransi Kesehatan dan Jiwa, Asuransi Perjalanan. Ada 2 bidang bisnis yang ditangani Via. com. Utamanya B2B (business to business) yang diperuntukkan bagi Agen Perjalanan yang sudah bergabung di Via.com, mereka disebut sebagai Mitra Via. Mitra Via memiliki akses menggunakan website id. via. com, untuk menjual beragam produk. B2B membantu masyarakat yang ingin membuka usaha travel sendiri, atau masyarakat yang sudah memiliki bisnis travel, tapi ingin mengembangkan bisnisnya. Para Agen bisa datang dari perusahaan maupun individu.
Baca Juga: Qatar Airways: Maskapai Resmi Doha Jewellery and Watches Exhibition 2023 Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti