Ayo hindari macet dengan twitter



CISARUA. Kalau warga ibukota setiap hari terbiasa menghadapi kemacetan lalu lintas, kini kemacetan pun “menular” menjangkiti daerah-daerah lain.

Sebut saja arus lalu lintas di jalur wisata Puncak-Bogor atau arus turun benar-benar lumpuh di hari Sabtu (11/9). Sampai pukul 18.25 WIB, ribuan kendaraan mengular dan sesekali hanya bisa bergerak beberapa meter saja.

Sebagai gambaran, KONTAN keluar dari Kota Bunga, Puncak sekitar pukul 13.30 dan sampai pukul 18.25 (5 jam) baru memasuki kawasan Cisarua dan belum ada tanda-tanda kemacetan akan segera terurai. Meski demikian, arus sebaliknya atau arus naik masih sangat lancar.


Selain itu wilayah-wilayah lain pun tidak mau ketinggalan. Sebut saja di jam yang kurang lebih sama terjadi antrean sepanjang kurang lebih 3 km di gerbang keluar tol Pasteur Bandung. Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur pun seperti tak mau ketinggalan. Sekitar jam 19.30-an jalur Klaten-Solo pun padat merayap, jalur Malang-Blitar macet sampai 10 km karena ada air mengenang.

Twitter merebak

Kondisi yang susah diduga ini tentu saja sangat merepotkan karena bisa membuat liburan Anda berakhir di jalanan terjebak kemacetan. Stasiun televisi dan radio memang biasanya sesekali menyiarkan kondisi dan kejadian yang terjadi di jalan, tapi untuk para pemudik yang mobile tentu sulit mengakses informasi yang dibutuhkan pada waktu yang mereka inginkan.

Itulah sebabnya penyebaran informasi lewat twitter menjadi begitu cepat populer. Informasi yang bisa diakses dari handphone kapan saja dan di mana saja selama ada akses GPRS, sepertinya bisa cukup diandalkan untuk bekal menghindari kemacetan. Pasalnya, selain pemilik akun twitter yang memberikan informasi, biasanya banyak juga orang yang dengan sukarela memberikan informasi.

Lalu twitter apa yang harus kita ikuti? Beberapa media menyediakan twitter khusus untuk pulang kampung, sebut saja @mudikkompas yang sudah mempunyai 4.276 followers, @mudikrcti2010 dengan 3.397 followers, dan @sonorafm92 dengan 524 followers.

Selain itu ada juga akun twitter yang sepertinya didedikasikan untuk keperluan pulang kampung, sebut saja @pulkam dengan 6.048 followers, @pantaumudik dengan 5.097 followers, dan @infomudik dengan 1.943 followers.

Kalau Anda merasa informasi di sana kurang tepercaya, Direktorat Jenderal Darat di Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Darat juga menyediakan twitter. Akun twitter yang mereka buka untuk mudik @infomudikllaj.

Sementara Direktorat Lalu Lintas Kepolisian pun tak mau ketinggalan. Mereka membuka akun @ntmclantaspolri yang sudah memiliki 4.722 followers. Tak hanya itu kalau Anda ingin tahu kondisi di daerah yang lebih spesifik, beberapa akun twitter polres atau satlantas bisa Anda temukan, misalnya Polresta Mojokerto, Polres Wonogiri, Ditlantas Lampung, dan tentunya Traffic Management Centre Polda Metro Jaya @TMCpoldametro yang sudah mempunyai 157.413 followers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Djumyati P.