Badai PHK di Startup waresix Justru Terus Rekrut Karyawan di Tengah Ancaman Resesi



KONTAN.CO.ID - Dalam beberapa bulan terakhir, banyak startup yang dilanda badai PHK. Dilansir dari dataindonesia.id, kenaikan suku bunga acuan oleh The Federal Reserve (The Fed) dan ancaman resesi global menjadi beberapa faktor pemicunya. Namun di tengah maraknya badai PHK tersebut, integrator logistik digital, waresix justru menunjukkan fenomena yang sebaliknya.

Tidak ada PHK massal oleh waresix jelang ancaman resesi global 2023. waresix justru terus aktif melakukan perekrutan karyawan baru hingga 2023.  President waresix, Eric Dharma mengatakan, hal itu bisa terjadi karena bisnis waresix terus mengalami pertumbuhan. “Maka dari itu kami terus melakukan perekrutan untuk mengisi posisi yang dibutuhkan di masa pertumbuhan bisnis ini,” kata dia.

Adanya anomali tersebut, menurut penjelasan para pelaku usaha dan investor dalam id.techinasia.com, dikarenakan model bisnis startup B2B yang lebih stabil dalam keadaan resesi. Seperti diketahui, waresix merupakan startup platform digital B2B yang menyediakan solusi end-to-end logistik ke seluruh Indonesia.

Menanggapi pernyataan tersebut, Eric memiliki pendapat lain. Menurut dia, stabilitas startup dalam menghadapi resesi bukan hanya terletak pada model bisnisnya, melainkan juga pada sekuat apa kondisi fundamental bisnis suatu startup dalam menghadapi situasi makroekonomi yang tidak menentu. “Selain itu, startup harus memiliki sustainable growth roadmap, jangan hanya fokus mengejar pertumbuhan dan terlalu lama bergantung pada pendanaan eksternal, namun juga sudah harus berorientasi untuk mengejar keuntungan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Eric menjelaskan bahwa waresix menjadikan operational excellence dan keunggulan teknologi sebagai strategi dalam membangun pondasi bisnis yang kuat yang menjadi kunci keberhasilan pertumbuhan waresix di tengah ancaman resesi.

Penerapan strategi ini salah satunya diwujudkan dalam bentuk perekrutan yang ketat dan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang baik. “Kami membuat perencanaan head count dengan komprehensif, melakukan perekrutan dengan ketat dan memberikan pelatihan yang memadai untuk peningkatan kapabilitas SDM, dan melakukan evaluasi terhadap tingkat produktivitas sampai ke level individu” jelasnya.

Optimis Industri Logistik dan waresix Tetap Tumbuh di 2023

Saat ditanya lebih lanjut mengenai proyeksi pada ancaman resesi 2023, Eric mengatakan dirinya optimis bahwa industri logistik dan waresix masih akan terus bertumbuh. Optimisme itu didasari pada pernyataan Menteri Keuangan, Sri Mulyani di beberapa media yang menyatakan bahwa Indonesia aman dari resesi dan diperkuat prediksi pertumbuhan sebesar 5% oleh Dana Moneter Internasional (IMF).

Selain itu, Supply Chain Indonesia (SCI) juga memprediksi bahwa industri logistik akan terus tumbuh. Prediksi itu didasarkan pada analisis SCI atas data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan bahwa sektor logistik mengalami pertumbuhan tertinggi dibanding sektor lainnya, yaitu berturut-turut sebesar 15,79 persen, 21,27 persen, dan 25,81 persen sampai triwulan III-2022.

Walau diprediksi akan terus bertumbuh, ancaman resesi tetap memberikan dampak pada waresix. Eric mengaku adanya pelemahan permintaan dari pelanggan di beberapa sektor. Namun, Eric menjelaskan bahwa waresix sudah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi dampak besar yang dapat terjadi akibat ancaman resesi.

Eric menjelaskan bahwa strategi jitu waresix dalam mengantisipasi dampak negatif akibat ancaman resesi adalah dengan melakukan diversifikasi sumber pendapatan ke sektor yang lebih profitable. Menurutnya, perusahaan dalam menghadapi makroekonomi yang tak menentu harus bisa lebih jeli menangkap peluang serta lincah mengikuti kemana pasar mengarah. “Contohnya, bila sektor consumer goods mulai melemah, ya kami dengan cepat mengejar prospek di sektor yang lebih profitable seperti agrikultur dan komoditas,” lanjut dia.

Selain melakukan diversifikasi pendapatan, Eric menjelaskan bahwa waresix senantiasa berfokus untuk memberikan nilai tambah bagi seluruh stakeholders dalam ekosistem logistik melalui peningkatan efisiensi logistik. Seperti membangun jaringan transportasi terluas yang terintegrasi dan investasi di bidang teknologi untuk membangun operating system terbaik.

Dengan efisiensi tersebut, layanan yang diberikan memiliki nilai lebih bagi para pelanggan dan mitra transporter. Sehingga, mereka akan lebih memilih waresix sebagai mitra utama untuk mengembangkan bisnis.

Dengan semua strategi  yang sudah disiapkan dan dijalankan, serta prediksi ekonomi Indonesia yang aman dari resesi, waresix yakin bahwa di 2023 akan terus bertumbuh. “Kami menargetkan pertumbuhan dua kali lipat dari tahun ini,” tutupnya.

Tentang waresix:

waresix adalah perusahaan teknologi integrasi yang menyediakan jasa trucking, warehousing, dan jasa logistic terbesar di Indonesia. Waresix melayani ke lebih dari 17,000 pulau di seluruh Indonesia. Dengan misi untuk menumbuhkan bisnis melalui efisiensi logistik, waresix mulai didirikan pada tahun 2017. Saat ini waresix telah mengelola pengiriman barang lebih dari 20 juta ton per tahun, lebih dari 50,000 armada truk, dan lebih dari 400 gudang yang didukung oleh teknologi dan AI untuk mengoptimasikan pengiriman logistik. Berkantor pusat di Jakarta dan cabang di Semarang, Surabaya, Medan, dan Lampung ini, waresix terus melakukan ekspansi untuk memberikan dampak positif bagi seluruh pelaku logistik di Indonesia. Waresix, we distribute success.

Baca Juga: Lakukan Transformasi Digital, waresix Raih Penghargaan Most Inspiring Startup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti