Bagaimana Cara Mengobati Kista Ovarium? Simak Berikut serta Cara Mencegahnya



MOMSMONEY.ID - Berikut ini cara mengobati kista ovarium dan cara mencegahnya. Simak, yuk.

Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang terbentuk pada ovarium wanita. Kebanyakan kista ovarium bersifat jinak dan seringkali tidak menimbulkan gejala.

Namun, dalam beberapa kasus, kista dapat menyebabkan rasa sakit dan gejala lain yang memerlukan pengobatan. Memahami cara mengobati kista ovarium dan cara mencegahnya bisa membantu wanita mengelola kondisi ini lebih baik.

Cara mengobati kista ovarium


Pengobatan untuk kista ovarium tergantung pada ukuran kista, jenis kista, dan gejala yang dialami. Melansir dari Healthline, berikut adalah beberapa cara mengobati kista ovarium:

1. Pemantauan

Jika kista ditemukan kecil dan tidak menimbulkan gejala, dokter mungkin menyarankan untuk memantau kista selama beberapa siklus menstruasi. Kebanyakan kista akan menghilang dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan.

Baca Juga: 8 Makanan Penyebab Kista Ovarium yang Jarang Disadari, Para Wanita Wajib Waspada

2. Pengobatan hormonal

Dalam beberapa kasus, pil kontrasepsi atau obat hormonal lainnya dapat diresepkan untuk mencegah pembentukan kista ovarium baru. Obat-obatan ini tidak menghilangkan kista yang sudah ada, tetapi dapat mencegah terbentuknya kista di masa depan.

3. Operasi

Jika kista besar, menyebabkan gejala, atau ada kekhawatiran tentang kanker ovarium, operasi mungkin diperlukan. Tindakan operasi bisa melalui laparoskopi (prosedur minimal invasif) atau laparotomi (operasi terbuka) untuk mengangkat kista.

Baca Juga: Kista Payudara Apakah Bisa Menjadi Kanker? Yuk Simak Penjelasannya!

Cara mencegah kista ovarium

Meskipun tidak semua kista ovarium dapat dicegah, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko terbentuknya kista, seperti:

1. Pemeriksaan ginekologi rutin

Melakukan pemeriksaan panggul rutin dapat membantu dalam deteksi dini kista dan kondisi lainnya.

2. Pengelolaan kondisi medis

Mengelola kondisi medis yang dapat meningkatkan risiko kista ovarium, seperti endometriosis, dengan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu Nih, Kenali 10 Gejala Gangguan PCOS pada Perempuan

3. Penggunaan kontrasepsi hormonal

Pil kontrasepsi dapat mengurangi risiko pembentukan kista ovarium dengan mengatur siklus menstruasi dan mencegah ovulasi.

4. Gaya hidup sehat

Mempraktikkan gaya hidup sehat, termasuk diet seimbang, olahraga teratur, dan mengelola stres, dapat membantu menjaga kesehatan ovarium.

Nah, itulah beberapa cara mengobati kista ovarium beserta langkah untuk pencegahannya. Meskipun banyak kista ovarium hilang dengan sendirinya, penting untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat jika kista menyebabkan gejala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas