Bagaimana Ciri-Ciri Terkena Kolesterol Tinggi? Ini Dia 11 Cirinya



MOMSMONEY.ID - Bahayakan kesehatan, bagaimana ciri-ciri terkena kolesterol tinggi sebenarnya?

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat memicu masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung dan stroke. Salah satu tantangan terbesar dari kolesterol tinggi adalah bahwa sering kali tidak menimbulkan gejala yang jelas.

Meski demikian, ada beberapa tanda atau ciri-ciri terkena kolesterol tinggi. Merangkum dari laman Halodoc dan Hello Sehat, berikut adalah beberapa ciri-ciri yang perlu diperhatikan:


1. Nyeri Dada

Nyeri dada bisa menjadi ciri-ciri terkena kolesterol tinggi. Penumpukan plak kolesterol di pembuluh darah jantung dapat menyebabkan nyeri, yang bisa menjadi tanda awal penyakit jantung atau bahkan serangan jantung akibat komplikasi kolesterol tinggi.

Baca Juga: Bikin Langsing, Begini Tips Diet Cepat Turunkan Berat Badan Anda!

2. Leher Terasa Pegal

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan di beberapa pembuluh darah, yang berdampak pada sirkulasi darah ke kepala. Akibatnya, Anda mungkin merasakan pegal atau nyeri di punggung dan leher.

3. Sesak Napas

Sesak napas bisa menjadi ciri-ciri kolesterol tinggi. Ketika kolesterol jahat (LDL) menumpuk di arteri jantung, aliran darah menjadi terganggu dan menyebabkan sesak napas serta mudah lelah.

4. Nyeri Kaki

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri kaki, yang memicu nyeri, terutama saat berjalan atau beraktivitas. Jika nyeri kaki terjadi terus-menerus, sebaiknya periksa kadar kolesterol Anda.

Baca Juga: 9 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Teh yang Bisa Picu Stres

5. Mati Rasa di Kaki

Penumpukan plak kolesterol dapat menghambat aliran darah ke kaki dan tangan, yang menyebabkan mati rasa atau kesemutan. Ciri-ciri lain termasuk kaki dingin, kram, dan luka yang sulit sembuh.

6. Kuku Berwarna Kekuningan

Plak kolesterol dapat mengurangi aliran darah ke kuku, sehingga menyebabkan garis-garis gelap atau kekuningan di bawah kuku, sejalan dengan pertumbuhannya.

7. Mudah Lelah

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan rasa lelah yang berlebihan karena aliran oksigen yang terganggu akibat penumpukan plak di arteri. Organ dan otot kekurangan oksigen sehingga tubuh harus bekerja lebih keras meskipun tidak melakukan aktivitas berat.

8. Sakit Rahang

Sakit pada rahang dapat menjadi tanda serangan jantung yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Aliran darah ke jantung terhambat, sehingga memicu nyeri rahang yang sering disertai nyeri dada dan sesak napas.

Baca Juga: Lebih Sehat Air Galon atau Air Rebusan? Cek Jawabannya di Sini

9. Xanthoma

Xanthoma adalah benjolan kecil kekuningan yang muncul di bawah kulit akibat penumpukan lemak. Biasanya muncul di kaki, tangan, atau sekitar mata, serta sendi seperti siku dan lutut. Meski tidak menyakitkan, benjolan ini bisa terasa gatal.

10. Arcus Senilis

Arcus senilis adalah ciri-ciri terkena kolesterol tinggi yang ditandai dengan munculnya cincin putih, abu-abu, atau biru di sekitar kornea mata. Meskipun lebih umum pada lansia, jika muncul sebelum usia 45 tahun, ini bisa menjadi tanda kolesterol atau trigliserida tinggi yang diwariskan.

11. Disfungsi Ereksi

Pada pria, kolesterol tinggi dapat menghalangi aliran darah ke penis, sehingga menyebabkan disfungsi ereksi. Semakin tinggi kadar kolesterol LDL, semakin besar risiko masalah ereksi.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Mikroplastik bagi Kesehatan dan Tips Meminimalisir Paparannya

Itulah beberapa ciri-ciri terkena kolesterol tinggi yang perlu Anda perhatikan. Dengan mengetahui ciri-ciri ini, Anda bisa segera mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Segarkan Dahaga! Ini Pilihan Jus Buah untuk Penderita Asam Lambung yang Aman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas