Bagaimana pergerakan IHSG hari ini?



JAKARTA. Pada transaksi perdagangan kemarin (20/12), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup dengan penurunan 0,49% menjadi 4.254,82. eTrading Securities mencatat, investor asing melakukan net sell di pasar reguler dengan nilai Rp 62,95 miliar.

Bagaimana dengan pergerakan IHSG pada hari ini? Menurut Kepala Riset eTrading Betrand Reynaldi, secara teknikal, penurunan IHSG pada perdagangan kemarin mengindikasikan bahwa hari ini IHSG akan mengalami kenaikan. Betrand menambahkan, hal tersebut dapat terlihat dari Hammer Candlestick yang terbentuk serta Indikator RSI yang berpeluang bullish."Pada perdagangan hari ini (21/12), kami memprediksi IHSG akan bergerak di kisaran 4.240-4.290 dengan saham-saham yang dapat diperhatikan antara lain MEDC, ENRG, dan ASRI," paparnya.

Ada sejumlah sentimen positif yang dapat mempengaruhi indeks. Salah satunya adalah indeks Dow Jones yang ditutup naik 59,75 poin (+0,45%) ke 13.311,72 tadi malam setelah John Boehner menyatakan akan terus berusaha untuk menemukan solusi terkait dengan anggaran US guna menghindari fiscal cliff.Pendapat berbeda diungkapkan oleh Muhammad Wafi, Research Division Indo Premier Securities. Menurutnya, indeksĀ  membentuk pola hammer dengan indikator yang masih negatif. EMA5 memotong EMA50 kebawah yang menunjukkan awal fase downtrend."IHSG diperkirakan akan bergerak mixed cenderung melemah dengan support di 4.228 dan resisten di 4.300," papar Wafi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie