Bahaya Konsumsi Minuman Soda untuk Kesehatan Tubuh Anda, Bisa Sebabkan Ini



MOMSMONEY.ID - Konsumsi minuman soda telah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Namun, banyak dari kita mungkin tidak menyadari dampak negatif yang dapat ditimbulkannya terhadap kesehatan. Apa saja sih bahaya konsumsi minuman soda untuk kesehatan tubuh?

Melansir dari laman Health Today, berikut adalah beberapa bahaya konsumsi minuman soda untuk kesehatan tubuh Anda yang patut diwaspadai:

1. Memicu Resistensi Insulin


Insulin adalah hormon yang mengatur glukosa dalam darah dan membantu mengangkutnya ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi.

Konsumsi gula berlebih dari soda dapat membuat sel-sel tubuh kurang responsif terhadap insulin, yang dikenal sebagai resistensi insulin. Ini meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Menurut American Heart Association, disarankan untuk membatasi asupan gula tambahan - maksimal enam sendok teh per hari untuk wanita dan sembilan untuk pria.

Baca Juga: Kasusnya Terus Meningkat, Begini Cara Mencegah Gagal Ginjal yang Perlu Anda Tahu

2. Kekurangan Nutrisi

Meskipun soda tinggi kalori, minuman ini tidak menyediakan nutrisi penting. Konsumsi soda yang berlebihan sering kali menggantikan minuman dan makanan yang lebih bergizi yang bisa memberikan vitamin, mineral, dan serat, seperti susu atau jus buah.

3. Masalah Gigi

Soda memiliki pH yang sangat rendah, yang berarti sangat asam. Asam ini dapat merusak enamel gigi, sehingga membuat gigi lebih rentan terhadap karies. Gula dalam soda juga memberi makan bakteri di mulut yang bisa memproduksi lebih banyak asam yang merusak gigi.

Baca Juga: Gula Darah Tinggi Harus Makan Apa? Intip Daftarnya Berikut Ini

4. Memburuknya Masalah Pencernaan

Keasaman soda juga bisa memperparah kondisi seperti asam lambung dan penyakit gastroesofagus (GERD). Minuman berkarbonasi bisa menurunkan pH di kerongkongan dan memicu atau memperparah gejala GERD seperti mulas.

5. Dampak Buruk pada Kulit

Studi menunjukkan bahwa konsumsi soda yang tinggi terkait dengan risiko lebih besar terjadinya jerawat dan masalah kulit lainnya. Hal ini mungkin karena efek dari kadar gula darah tinggi yang dihasilkan dari konsumsi soda yang berlebihan.

Baca Juga: Inilah 7 Rekomendasi Sayur untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Apa Saja ya?

6. Meningkatkan Kadar Leptin Darah

Leptin adalah hormon yang berperan dalam mengatur nafsu makan. Konsumsi soda yang tinggi dapat meningkatkan kadar leptin, yang bisa berujung pada resistensi leptin. Kondisi ini terjadi di mana tubuh tidak lagi merespons hormon ini dengan efektif. Hal ini jika dibiarkan bisa mengarah pada masalah berat badan dan obesitas.

7. Kontrol Nafsu Makan yang Buruk

Minuman manis seperti soda tidak memberikan rasa kenyang seperti makanan padat, sehingga mudah menyebabkan kelebihan konsumsi kalori. Ini bisa memicu penambahan berat badan dan terkait dengan obesitas.

Baca Juga: Manfaat Terapi Air Hangat untuk Asam Lambung, Begini Cara Dapatkan Khasiatnya

8. Menyebabkan Penyakit Berat

Konsumsi soda yang berlebihan juga dikaitkan dengan penumpukan lemak visceral, penyakit hati berlemak non-alkohol, dan bahkan potensi risiko kanker.

9. Gangguan Kesehatan Usus

Fruktosa dalam soda dapat merusak keseimbangan mikrobiota usus, mengurangi keanekaragaman bakteri baik dan meningkatkan bakteri berbahaya. Ini bisa mengakibatkan zat berbahaya melewati lapisan usus, memicu peradangan, dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 10 Makanan Terbaik untuk Mencegah Rambut Rontok, yuk Intip Daftarnya

10. Penyakit Jantung dan Kanker

Konsumsi soda tidak hanya meningkatkan gula darah dan tekanan darah, tetapi juga terkait dengan risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Penelitian juga menemukan korelasi antara konsumsi soda dengan risiko kanker yang lebih tinggi, termasuk kanker pankreas dan endometrium.

11. Dampak Buruk pada Otot dan Tulang

Asupan soda yang tinggi dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang dan peningkatan risiko patah tulang. Soda juga bisa menyebabkan sarkopenia, kondisi di mana otot menyusut dan kehilangan kekuatannya.

Baca Juga: Inilah 7 Rekomendasi Sayur untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Apa Saja ya?

12. Masalah Mental dan Emosional

Asupan gula tinggi dari soda dapat meningkatkan risiko stres, kecemasan, dan demensia. Studi menemukan bahwa remaja yang sering minum soda memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah tidur, perilaku agresif, dan masalah perhatian.

Nah, itulah bahaya konsumsi minuman soda untuk kesehatan tubuh Anda. Mulai sekarang, ganti minuman soda Anda dengan air putih yang lebih menyehatkan, ya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas