Bahlil Sebut Izin Tambang untuk PBNU Telah Selesai, Muhammadiyah Segera Menyusul



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan izin tambang Ormas untuk Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah selesai.

“Izin untuk Ormas tambang untuk PBNU sudah selesai kalau tidak salah 3-4 hari lalu, tinggal mereka nyetor ke negara kan harus kompensasi data informasi (KEI) yang ditransfer kepada negara,” kata Bahlil di Kementerian ESDM, Senin (19/8).

Untuk izin tambang untuk Muhammadiyah, Bahlil menyebut sedang dalam proses dan hampir selesai hanya menunggu terkait lokasi tambang saja. 


Baca Juga: Ormas Yang Bakal Dapat Jatah Tambang Bertambah

Sejak sebelum dilantik menjadi Menteri ESDM, Bahlil telah berperan dalam mengawasi berjalannya pemberian IUPK bagi ormas keagamaan sebagaimana tercantum pada peraturan perundangan yang berlaku.

Meski kini tidak lagi menjabat sebagai Menteri Investasi, ia memastikan tidak ada perubahan formasi pengawasan soal pemberian tambang kepada ormas ini. Sebab, pemberian IUPK akan diawasi oleh kedua kementerian meskipun titik koordinatnya ada di Kementerian ESDM.

“Jadi Menteri ESDM dan Menteri Investasi ini punya sisi koordinasi, hulunya tetap di ESDM dan hilirnya itu ada di Kementerian Investasi,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih