Bakal tersedia di platform Coinbase Pro, harga Dogecoin melonjak



KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Mata uang kripto berbasis meme, Dogecoin yang populer di kalangan investor ritel, melonjak pada hari Rabu. Lonjakan tersebut diuntungkan dari berita bahwa perusahaan pertukaran aset digital, Coinbase akan membuat unit kripto tersebut tersedia bagi pengguna di platform perdagangannya.

Mengutip Reuters, Coinbase mengatakan akan segera menerima transfer masuk Dogecoin dalam Coinbase Pro yang merupakan tempat perdagangan untuk pedagang profesional.

Rabu (2/6) kemarin, Harga Dogecoin naik 31% menjadi US$0,41 setelah berita terkait  Coinbase. Ini mendorong kapitalisasi pasar mata uang kripto menjadi US$ 54 miliar dan menjadikannya sebagai token terbesar keenam.


Analis pasar senior OANDA di New York, Edward Moya mengatakan lonjakan harga dogecoin tidak berada di dekat level yang mengarah seperti saat  CEO Tesla Elon Musk tampil di Saturday Night Live bulan lalu.

Baca Juga: Harga Dogecoin melonjak 35%, bukan Elon Musk pendorongnya

"Pemantulan dogecoin ini terjadi selama periode di mana cryptoverse melihat konsolidasi posisi, jadi kita tidak perlu terkejut jika lonjakan baru-baru ini gagal atau jika itu membuat upaya lain di bulan," ujar Edward seperti dikutip dari Reuters, Kamis (3/6).

Namun, Dogecoin kehilangan lebih dari sepertiga harganya setelah Musk sebagai pendukung besar mata uang itu menyebut Dogecoin "terlalu ramai” saat menjadi tamu tuan rumah di Saturday Night Live.

Kenaikan token terjadi seiring dengan lonjakan perdagangan online saham dan crypto yang dilakukan oleh investor ritel karena kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan orang terjebak di rumah dengan uang ekstra. 

Namun, belum banyak pertumbuhan dalam penggunaan untuk pembayaran atau dalam perdagangan.

Selanjutnya: Harga Bitcoin dan Ether pulih dari posisi terendah 7 hari terakhir, ini pendorongnya

Editor: Herlina Kartika Dewi