Baliho Jokowi-Prabowo Serbu Jawa Tengah, Begini Respons Sekjen PDI-P



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto curiga pemasangan baliho Prabowo dan Jokowi adalah upaya menyedot suara partainya. Hal ini terlihat dari penempatan baliho-baliho itu yang masif dilakukan di kantong-kantong suara PDI-P. 

"Di daerah Sumatera Barat, Aceh, Jawa Barat, (baliho) itu enggak ada, sedikit sekali, bahkan Sumatera Barat itu praktis tidak ada, jadi itu foto untuk memancing elektoral," kata kata Hasto di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar, Jakarta, Sabtu (8/7/2023). 

Untuk diketahui, baliho yang menggambarkan kebersamaan Prabowo dan Jokowi dipasang di sejumlah daerah dalam beberapa waktu terkakhir. 


Baca Juga: Sekjen PDI-P: Pengumuman Bacawapres Pendamping Ganjar Pranowo September-Oktober

Di Semarang, misalnya, terdapat 211 baliho bergambar Jokowi dan Prabowo. Ketua Dewan Perwakilan Cabang Partai Gerindra Kota Semarang Joko Santoso mengakui bahwa pihaknya yang memasang baliho tersebut di Kota Semarang. 

"Kita hanya mengingatkan kepada masyarakat bahwa yang pernah disampaikan Pak Jokowi bahwa tahun 2024 jatahnya Pak Prabowo," kata dia, 28 Juni 2023 lalu. 

Terkait hal ini, Hasto menikai rekam jejak Jokowi lebih sesuai juka dibandingkan dengan Ganjar Pranowo, bakal capres PD-P, bukan Prabowo yang dicalonkan Gerindra. 

"Kita lihat saja dengan prestasi-prestasi tentang kesesuaian antara Pak Ganjar dengan Pak Jokowi. Jadi spanduk baliho itu kan demokrasi yang sifatnya artifisial, bukan substansial," sebut Hasto. 

Baca Juga: Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Mengaku Siap Jadi Ketua Timses Ganjar

Hasto mengeklaim, Ganjar adalah bacapres yang bakal melanjutkan program pembangunan Jokowi. Hal itu sudah ditegaskan lewat Rapat Kerja Nasional III PDI Perjuangan pada Juni 2023 lalu. 

"Kepemimpinan Pak Ganjar Pranowo merupakan kesinambungan, bahkan program-program dan legacy dari Pak Jokowi pun telah diputuskan di dalam rakernas untuk dilanjutkan," ujar Hasto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Baliho Jokowi-Prabowo Serbu Jateng, Sekjen PDI-P Curiga Upaya Sedot Suara" Penulis : Ardito Ramadhan Editor : Sabrina Asril

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli