Bambang Soesatyo dilantik jadi ketua DPR sore ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bambang Soesatyo resmi ditunjuk Partai Golkar menjadi Ketua DPR pengganti Setya Novanto. Pelantikan Bambang sebagai ketua DPR baru rencananya dilakukan pukul 16.00, Senin (15/1).

Nurdin Tampubolon, anggota DPR dari Fraksi Hanura mengatakan keputusan waktu pelantikan tersebut diambil setelah Badan Musyawarah DPR, rapat konsultasi pimpinan DPR dan fraksi menyatakan, semua syarat pelantikan Bambang terpenuhi. "Usulan sudah ditandatangani ketua umum, fraksi, sehingga dia sudah memenihi syarat jadi ketua DPR," katanya di Gedung DPR, Senin (15/1).

Partai Golkar resmi mengajukan nama Bambang Soesatyo menjadi ketua DPR menggantikan Setya Novanto yang saat ini menjadi pesakitan dalam kasus korupsi e-KTP. Airlangga. Hartarto,Ketua Umum Golkar mengatakan, penunjukan Bambang dilakukan melalui proses yang tidak mudah.


Golkar harus mempertimbangkan kondisi politik nasional dalam satu tahun ke depan yang kemungkinan akan menghangat menjelang pemilihan kepala daerah serentak. 2018 dan pemilihan legislatif dan presiden 2019. Selain itu, Golkar juga harus memperhatikan DPR yang kinerjanya sekarang sedang disorot masyarakat.

Nurdin berharap, setelah pelantikan nanti, Bambang bisa segera tancap gas dalam memimpin DPR. Menurutnya, banyak PR yang harus diselesaikan Bambang di sisa masa jabatan ketua DPR periode 2014-2019 yang waktu efektifnya tinggal setahun ini.

Pekerjaan rumah pertama pria yang dikenal dengan nama Bamsoet ini berkaitan dengan kinerja legislasi. Bambang harus mampu membawa DPR sekarang ini menuntaskan tugas legislasi sehingga program legislasi nasional bisa tercapai.

PR kedua berkaitan dengan anggaran. Nurdin berharap, Bambang bisa membawa DPR menciptakan proses penganggaran yang efektif, efesien serta bebas permainan. 

Sedangkan PR ketiga berkaitan dengan fungsi pengawasan DPR. Nurdin berharap, di bawah Bambang kinerja pengawasan DPR membaik dan penyimpangan baik uu maupun pelaksanaan program yang dilakukan pemerintah bisa dicegah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia