Bancassurance masih dominasi premi asuransi jiwa



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tahun ini, bisnis asuransi jiwa masih mencatatkan pertumbuhan. Hal ini sejalan dengan masih moncernya kinerja dari kanal pemasaran bancassurance.

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat sampai semester kedua tahun ini, total premi yang dikantongi pelaku usaha menembus Rp 93,5 triliun. Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 5,5% dibanding periode yang sama di tahun lalu.

Nah dari total angka tersebut, saluran bancassurance masih menjadi tulang punggung pelaku usaha. Pasanya sebesar 44,9% alias setara Rp 42 triliun diantaranya bersumber dari kanal pemasaran tersebut.


Sementara secara tahunan, premi dari saluran bancassurance ini mengalami kenaikan setinggi 9,5%.

Ketua AAJI Hendrisman Rahim mengakui dalam beberapa tahun ke belakang kinerja dari saluran ini memang cukup menggembiraksn. Salah satunya karena semakin banyak perusahaan asuransi jiwa yang mengoptimalkan potensi pasar di saluran ini.

"Saya lihat dalam beberapa tahun ke depan kanal ini masih akan cukup mendominasi bisnis asuransi jiwa," kata dia belum lama ini.

Selain penambahan mitra, jumlah tenaga pemasar di kanal ini pun ikut meningkat. Per akhir Juni 2018, asosiasi mencatat ada 29.096 tenaga pemasar bancassurance. Jumlah ini meningkat 7,1% dari periode yang sama di tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Narita Indrastiti