Bandara Soekarno-Hatta Kerahkan 270 Personil untuk Amankan Kedatangan Paus Fransiskus



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bandara Internasional Soekarno-Hatta siap menyambut kedatangan Paus Fransiskus yang akan tiba di Indonesia pada tanggal 3 September 2024. 

Paus Fransiskus akan diterima dengan pelayanan terbaik di Gedung VIP Terminal 3, yang telah dipersiapkan secara khusus untuk memastikan kenyamanan dan keamanan tamu kehormatan tersebut.

Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M. Holik Muardi menyampaikan bahwa Bandara Soekarno-Hatta siap sepenuhnya mendukung kelancaran kunjungan Paus Fransiskus. 


Seluruh tim telah bekerja untuk memastikan bahwa kunjungan ini berlangsung dengan lancar, aman, dan sesuai dengan standar tertinggi yang telah ditetapkan.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan bahwa tidak hanya keamanan yang terjaga, tetapi juga kenyamanan dan kelancaran operasional bandara tetap terjamin selama kunjungan ini. 

Baca Juga: Rekayasa Lalu Lintas Saat Kunjungan Fransiskus di Jakarta (4-5 September 2024)

"Sebanyak kurang lebih 270 personel keamanan telah ditugaskan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama kunjungan Y.M. Paus Fransiskus," ujar Holik saat dikonfirmasi, Senin (2/9).

Personel keamanan terdiri dari berbagai unsur, termasuk Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta, BKO TNI, Polda Metro (Polres Bandara Soekarno-Hatta), Paspampres, Kodam Jaya (Kodim 0506 Tangerang), dan petugas keamanan lainnya yang terlibat. 

Kolaborasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh aspek keamanan, baik di darat maupun udara, berjalan dengan lancar dan sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan.

"Bandara Soekarno-Hatta siap memberikan dukungan penuh agar seluruh rangkaian acara kunjungan Y.M. Paus Fransiskus berjalan dengan sukses pada saat tiba dan selesainya nanti," ucap Holik. 

Sebagai upaya untuk memastikan kelancaran operasional, Bandara Soekarno-Hatta juga telah mengambil langkah-langkah agar kegiatan kunjungan kenegaraan ini tidak mengganggu laju operasional harian. 

Seluruh persiapan telah disesuaikan untuk menjaga keseimbangan antara penyambutan kenegaraan dan pelayanan terhadap penumpang umum.

Baca Juga: Ikut Misa Bersama Paus Fransiskus di GBK, Umat Wajib Memiliki Gelang Tiket

Seperti diketahui, Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sedunia dan Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus akan mengadakan perjalanan apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura dari tanggal 2 hingga 13 September 2024.

Indonesia akan menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan ini, yaitu pada tanggal 3 hingga 6 September 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari