Bangun Kawasan Berkelanjutan, Ciputra Group Hadirkan Klub Premium Bagi Warga Lansia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ciputra Group berkomitmen mengembangkan kawasan kota mandiri yang berkelanjutan. Perusahaan tak hanya sekadar membangun dan menjual produk hunian dan komersial, tetapi juga ingin melayani seluruh siklus kehidupan penghuni kawasan dengan berbagai fasilitas, mulai dari kebutuhan sejak lahir, besar, berkembang, hingga tua.

Langkah itu dilakukan Ciputra sebagai bagian dari upayanya menjadi pengembang berkelanjutan yang selalu konsisten menerapkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).

Siklus kehidupan yang belum banyak diperhatikan pengembang selama ini adalah fasilitas untuk para lansia. Untuk itu, Ciputra telah hadir melayani kebutuhan kelompok usia tersebut dengan fasilitas klub lansia premium di Citra Garden City, Jakarta Barat, yang diberi nama Citra Premier.


“Saat Indonesia bertransisi menuju masyarakat yang lanjut usia, sangatlah penting untuk kita memenuhi kebutuhan penduduk lansia dan mengeksplorasi solusi yang berkelanjutan. Ciputra hadir dengan properti terintegrasi yang melayani seluruh siklus kehidupan,” kata Budiarsa Sastrawinata, Managing Director Grup Ciputra, Rabu (7/8).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sekitar 11,7% atau sekitar 29 juta penduduk Indonesia pada tahun 2023 masuk kategori lanjut usia (lansia). Sebagai dampak dari pembangunan berkelanjutan, penduduk lanjut usia (lansia) terus mengalami peningkatan baik dari sisi jumlah maupun proporsi.

Baca Juga: Alokasi Dana untuk Menua di Panti Wreda

Sejak tahun 2021, Indonesia telah memasuki struktur penduduk tua (ageing population), di mana sekitar 1 dari 10 penduduk adalah lansia. Fenomena ageing population bisa menjadi bonus demografi kedua ketika proporsi lansia semakin banyak tetapi masih produktif. Namun, dapat menjadi tantangan pembangunan ketika mereka tidak produktif dan menjadi bagian dari penduduk rentan.

Citra Premier telah dikembangkan sejak tahun 2019, namun operasionalnya sempat terganggu karena adanya pandemi Covid-19. Pendirian fasilitas yang melayani kegiatan para lansia ini merupakan inisiatif dari pendiri Ciputra Group, mendiang Ciputra. Menurutnya, layanan untuk lansia sangatlah penting dalam mengembangkan kota yang dihuni semua generasi.

Untuk mengelola Citra Premier, Ciputra Group menggandeng Living Well Seniors Communities dari Australia. Fasilitas yang beroperasi dari Senin hingga Jumat, dari pukul 08:00 hingga 16:30 ini didedikasikan untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik para anggotanya yang telah lanjut usia.

Citra Premier menghadirkan fasilitas lengkap seperti pusat aktivitas, bioskop, ruang relaksasi, ruang makan, dapur dengan makanan yang disiapkan oleh koki ternama, kamar mandi yang ramah bagi penyandang disabilitas dengan fasilitas shower, serta klinik perawat dalam sebuah area seluas 470 m² yang menghadap ke danau Citra 6 yang asri. Selain itu, tersedia pula area olahraga luar ruangan, taman, dan tempat parkir khusus.

Baca Juga: Penjualan Apartemen Ciputra World Jakarta Meningkat, Ini Pendorongnya

Budi mengatakan, Ciputra menghadirkan Citra Premier di Citra Garden City karena kawasan tersebut sudah matang dan kini sudah dihuni oleh tiga generasi. Kawasan kota mandiri seluas 450 hektare (ha) ini dikembangkan sejak tahun 1984 dan kini sudah dihuni lebih dari 70.000 jiwa.

Citra Garden City saat ini telah memiliki fasilitas lengkap yang terintegrasi, mulai dari rumah sakit, sekolah, supermarket, toko ritel, berbagai pusat kuliner, hingga fasilitas klub bagi lansia.

Pilih Kembangkan Klub Lansia

Ciputra Group menghadirkan Citra Premier sebagai klub bagi lansia alih-alih menjadi panti jompo premium yang menampung para lansia untuk tinggal. Hal itu dilakukan karena pengembang ini melihat bahwa menitipkan orang tua untuk tinggal di panti jompo belum menjadi budaya di Indonesia.

Budi menjelaskan, kebutuhan yang ada sekarang adalah para lansia membutuhkan fasilitas untuk beraktivitas dan mencari teman saat anak-anak atau cucunya sedang bekerja seharian. “Saat anggota keluarganya bekerja, orang tua lansia pasti sendirian di rumah. Nah, di saat seperti inilah mereka butuh mencari teman dan kegiatan,” tuturnya.

Namun, ia tak menutup kemungkinan bahwa kebutuhan akan rumah tempat tinggal akan berkembang dan menjadi budaya. Hanya saja, ia melihat itu masih perlu waktu untuk menjadi budaya.

Baca Juga: Insentif PPN DPT Berkurang, Ciputra Development (CTRA) Optimis Kejar Target Kinerja

Lebih lanjut, Budi mengatakan bahwa Ciputra Group untuk saat ini masih akan fokus mengembangkan Citra Premier di Citra Garden City. Perusahaan belum berencana untuk membuka fasilitas baru di kawasan lain.

“Pengembangan baru akan dilakukan dengan melihat kebutuhan. Saat ini, kami melihat kebutuhannya baru ada di Citra Garden City karena kawasan ini sudah sangat matang,” kata Budi.

Untuk membahas tantangan dan peluang yang dihadapi oleh penduduk usia lanjut di Indonesia, Ciputra Group menyelenggarakan forum diskusi pada 7 Agustus 2024 dengan para ahli di bidang perawatan lansia dan kebijakan serta Dubes Australia untuk Indonesia.

Pertemuan tersebut membahas sejumlah topik, di antaranya transisi Indonesia menuju masyarakat lanjut usia di mana pada tahun 2030 diprediksi ada 41 juta penduduk Indonesia berusia di atas 65 tahun.

Lalu strategi untuk memberikan perawatan dan dukungan bagi penduduk lanjut usia di Indonesia, serta berbagi pengalaman dan potensi kolaborasi antara Indonesia dan Australia dalam perawatan lansia.

Moh Adib Khumaidi, Ketua Ikatan Dokter Indonesia, mengatakan kolaborasi dan berbagi keahlian merupakan kunci untuk mengembangkan strategi yang efektif untuk perawatan lansia di Indonesia.

Sementara itu, Penny Williams, Duta Besar Australia untuk Indonesia, mengungkapkan bahwa Australia sangat tertarik menjajaki peluang kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang, terutama layanan kesehatan.

Living Well Seniors Communities merupakan pengembang dan operator hunian premium untuk para lansia yang berasal dari Australia. Di bawah arahan Benjamin Cass, Living Well adalah operator layanan lansia berlisensi pertama di Indonesia yang memperoleh rekomendasi langsung dari Kementerian Sosial.

Saat ini, Living Well Seniors Communities sudah menjalankan proyek hunian lansia di Jakarta dan Bali dan baru-baru ini meluncurkan Talent Connect, yakni sebuah program yang memberdayakan para perawat dari Indonesia dan menghubungkan mereka dengan operator perawatan lansia di Australia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk