Bangun Kolaborasi Internasional, Mustika Ratu Fokus Tingkatkan Pertumbuhan Bisnis



KONTAN.CO.ID - Perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) terkemuka nasional, PT Mustika Ratu Tbk atau Mustika Ratu (kode saham MRAT) mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Public Expose pada Jumat, 30 Juni 2023 di Graha Mustika Ratu, Jakarta. RUPST tersebut fokus membahas perkembangan strategi bisnis Mustika Ratu dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di tengah ketidakpastian ekonomi global yang sedang berkontraksi.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan, MRAT berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp285,18 miliar pada tahun 2022. Penjualan produk unggulan seperti Brightening Bengkoang Series dan Instabright Glow secara daring tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 162% dibandingkan tahun sebelumnya. Sama seperti dua produk sebelumnya, produk Face Care dan Beauty Queen juga ikut mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 43% dan 17%. Peningkatan ini sejalan dengan fokus MRAT untuk mengembangkan inovasi produk pada tahun 2022.

Presiden Direktur Mustika Ratu Bingar Egidius Situmorang menyatakan, perusahaan akan konsisten menerapkan motto GPS (GROWTH, PROFIT, dan SOLID) untuk mencapai pertumbuhan yang kuat, orientasi pada keuntungan, dan membangun kolaborasi yang solid. Dengan motto tersebut, Bingar optimis Mustika Ratu mampu mencapai kinerja optimal dan kesuksesan jangka panjang.


Melalui motto tersebut, Bingar mengungkapkan Mustika Ratu akan terus memperkuat distribusinya dengan strategi go-to-market pada kategori Holistic Beauty dan Health & Wellness melalui berbagai saluran penjualan melalui kampanye merek (brand campaign) yang kreatif dan terarah dengan memanfaatkan saluran digital dan kolaborasi bersama selebriti. Untuk meningkatkan penjualan, perseroan juga melakukan optimalisasi saluran penjualan, termasuk e-commerce, peritel modern, omni channel, dan perdagangan umum.

Untuk memperluas penjualan internasional, Mustika Ratu telah menjalin kerja sama dengan Marriott International Group, salah satu perusahaan perhotelan terbesar di dunia. Kerja sama ini nantinya akan menjadi ekspansi produk kecantikan dan perawatan pribadi premium milik Mustika Ratu ke industri perhotelan.

Dalam public expose perseroan, jajaran Direksi Mustika Ratu memaparkan strategi penting yang akan menjadi fokus utama bisnis perusahaan dalam menghadapi tahun 2023.

Sebagai bagian dari upaya untuk menjaga pertumbuhan dan profitabilitas, Mustika Ratu telah memperoleh persetujuan awal untuk melakukan divestasi aset anak perusahaan, termasuk properti yang dibeli oleh PT Mustika Ratu (M) Sdn. Bhd pada tahun 1996. Rencana divestasi ini memiliki potensi untuk mengembangkan bisnis anak perusahaan di pasar internasional.

Dalam industri entertainment, perseroan juga mengakselerasi kinerja PT Mustika Ratu Entertainment (MRE), anak perusahaan yang bergerak di bidang hiburan, sehingga memperluas portofolio pada industri kreatif. PT Mustika Ratu Tbk yakin bahwa strategi ini akan memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan anak perusahaan dan memperluas pangsa pasar.

Dengan serangkaian strategi tersebut, Bingar yakin Mustika Ratu dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di tahun 2023. Menurutnya, Mustika Ratu akan berupaya memberikan produk berkualitas tinggi kepada konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini