Banjir berpotensi surutkan perekonomian Australia



JAKARTA. Banjir yang melanda Australia berpotensi menghapus lebih dari 5% batubara untuk keperluan pembuatan baja di pasar dunia. Harga batubara diperkirakan akan naik seiring suplai yang terbatas karena infrastruktur batubara di Australia terus menyebar.

Mengutip pernyataan anggora Reserve Bank of Australia (RBA) Warwick McKibbin banjir yang melanda Queensland juga dapat memangkas pertumbuhan ekonomi hingga 1%. Ini merupakan kondisi paling bearish yang pernah dialami Australia.

Komentar tersebut menyebabkan koreksi terhadap dollar Aussie lebih dari setengah sen AS ke level terendah 4 pekan di 0,9803 dan memperkuat ekspektasi bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut nampaknya belum akan dilakukan untuk beberapa bulan mendatang.


Bahkan, pasar berekspektasi suku bunga tak naik sepanjang 2011. Hari ini, pasar mulai mencermati rilis data ketenaga kerjaan Australia dimana diperkirakan akan terjadi penambahan tenaga kerja sebanyak 25.000 pada Desember silam dan tingkat pengangguran turun menjadi 5,1% dari 5,2% dibanding dengan data November 2010.

Hingga pukul 11:31 di pasar spot hari ini (13/1) dollar Aussie berada di level 0,9942 atau minus 0,23% dibanding perdagangan sebelumnya.

Editor: