Distribusi produk segar terhambat banjir



JAKARTA. Hujan yang mengguyur di beberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya di Jakarta, hujan yang melanda daerah lain seperti di Jawa Tengah  dan Jawa Barat telah menyebabkan banjir sehingga memberikan dampak yang buruk bagi perekonomian.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pemberdayaan Daerah dan Bulog, Natsir Mansyur mengatakan, sektor yang paling terpengariuh akibat banjir ini adalah ritel, distribusi produk basah seperti buah dan sayur. "Selain itu, arus ekspor impor barang tentunya juga akan ikut terpengaruh," kata Natsir, Selasa (10/2).

Akses distribusi logistik dari daerah sentra produksi ke wilayah pemasaran terganggu akibat banjir. Dengan akses jalan yang terhambat tersebut, maka potensi kerusakan terhadap produk menjadi lebih tinggi. Walhasil, para pedagang harus menanggung kerugian.


Meski tidak merinci, akibat banjir ini harga beberapa komuditas akan terkerek. Natsir menghitung, dengan kondisi ini potensi kenaikan harga produk, terutama yang mudah busuk seperti sayur dan buah dapat meningkat hingga 17%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia