Banjir Melanda Semarang, 4 Perjalanan Kereta Api Dialihkan



KONTAN.CO.ID - SEMARANG - Banjir melanda wilayah Semarang Jawa Tengah, menyebabkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang mengubah pola operasi perjalanan kereta api. Banjir dan genangan air mengganggu sejumlah titik jalur rel, memaksa pihak KAI untuk memutar perjalanan kereta api dari jalur utara Jawa ke jalur selatan Jawa.

Franoto Wibowo, Manager Humas KAI Daop 4 Semarang mengungkapkan, bahwa banjir atau genangan air terjadi di tiga titik di wilayah tersebut, yakni Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng - Alastua, Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng - Semarang Poncol, dan Petak Jalan Mangkang - Kaliwungu. Jalur kereta pada titik-titik tersebut tergenang air dengan ketinggian lebih dari 10 cm di atas kop rel, membuatnya tidak dapat dilalui.

Baca Juga: Bisa dengan Bus & Kereta Api, Ini Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2024


Sebagai akibatnya, beberapa perjalanan kereta api mengalami perubahan pola operasi. Berikut adalah daftar perubahan tersebut:

  • KA 4 Argo Bromo Anggrek: Rute Jakarta-Semarang-Surabaya dialihkan menjadi Jakarta-Tegal-Prupuk-Purwokerto-Surabaya.
  • KA 77F Pandalungan: Rute Jember-Surabaya-Semarang-Jakarta dialihkan menjadi Jember-Surabaya-Brumbung-Gundih-Solo-Jakarta.
  • KA 57 Brawijaya: Rute Malang-Solo-Semarang-Jakarta dialihkan menjadi Malang-Solo-Prupuk-Purwokerto-Jakarta.
  • KA 3 Argo Bromo Anggrek: Rute Surabaya-Semarang-Jakarta dialihkan menjadi Surabaya-Brumbung-Gundih-Solo-Jakarta.
Baca Juga: 26 Twibbon Hari Kereta Api Nasional 28 September 2023 yang Bisa Diunggah Di Medsos!

Franoto juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang terdampak. Sebagai bentuk kompensasi, KAI akan memberikan pengembalian bea tiket hingga 100% (tidak termasuk biaya pesan) bagi pelanggan yang terkena dampak penundaan atau keterlambatan akibat banjir. Pembatalan tiket dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau melalui media sosial KAI121.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh pelanggan dan kami sedang berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal," tutup Franoto, mewakili manajemen dan seluruh jajaran KAI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar