Banjir pesanan partai di musim pemilu



Sentra percetakan di Jalan Haji Ipin, Pondok Labu, Jakarta Selatan selalu ramai diserbu konsumen, baik langganan maupun individu. Namun, tidak seluruh produk percetakan bisa laku dalam waktu yang sama.

Biasanya, ada produk tertentu yang lebih laku dari produk yang lain di musim tertentu. Pada musim pernikahan misalnya, produk undangan memiliki banyak peminat daripada produk percetakan lainnya. "Jadi setiap produk percetakan itu punya musimnya," kata Muharto, pemilik CV Muhar Digital Printing.

Muhar bilang, omzetnya di musim nikah bisa naik dua kali lipat dari hari biasa. Begitu pula saat musim libur anak sekolah. Lantaran banyak anak dikhitan selama musim  libur sekolah, permintaan kartu undangan khitan meningkat.


Nah, saat musim Pemilu seperti sekarang, banyak partai memesan untuk dibuatkan spanduk, stiker dan alat peraga kampanye. "Sampai saat ini kami bahkan belum selesai menggarap order dari partai politik, mereka memesan stiker bisa sampai ribuan stiker," kata Muhar.

Biasanya, order percetakan agak sepi di awal tahun. Saat sepi order ini, Muhar kerap mengisi kesibukan dengan melakukan promosi dan menyebar iklan.

Selain melalui internet, ia juga menyebarkan pamflet di toko-toko kertas tempatnya mengambil bahan baku percetakan. "Biasanya titip pamflet ke toko kertas tempat saya ambil bahan baku, dari situ kadang ada yang mencari, misalnya untuk cetak majalah atau yang lain," ujar Muhar.

Berkat promosi itu pula, saat ini Muhar mendapat pesanan untuk mengerjakan proyek partai selama musim kampanye. Ia mencetak berbagai spanduk, banner, stiker, hingga pembuatan majalah internal partai.

Tri Handayani, pengelola Percetakan CV Handayani membenarkan, permintaan jasa percetakan punya waktu khusus. Sama seperti Muhar, omzet kiosnya juga melonjak di musim pemilu ini. "Itu musim-musimnya orang ramai memesan pembuatan banner, spanduk dan stiker cutting," kata Tri.

Nah, pada saat tahun baru, Natal maupun Hari Raya Idul Fitri, permintaan kartu ucapan juga marak. Menurut Handayani, perkantoran masih membutuhkan kartu ucapan tersebut karena dianggap lebih resmi.

Biasanya, perkantoran akan memesan pada percetakan dengan desain dan format kartu, sesuai selera perusahaan atau kantor yang memesan.Selain kartu ucapan, pada masa-masa itu, pesanan stempel kantor juga akan meningkat. Selama musim itu, Tri lebih banyak mengandalkan pesanan dari perkantoran ketimbang perorangan. "Untung yang saya dapat dari pemesanan perusahaan lumayan besar," tuturnya.

Jika pesanan datang dalam jumlah banyak, biasanya pedagang akan memberikan potongan harga. Potongan harga juga berlaku bagi pembeli perorangan.             n(Selesai)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini