bank bjb Terapkan ESG Agar Semakin Ekspansif dan Inklusif



KONTAN.CO.ID - Sebagai badan usaha milik daerah (BUMD) ternama di Indonesia, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk atau bank bjb terus berinovasi untuk menghadirkan manfaat luas bagi nasabah dan para pemangku kepentingan (stakeholder). Hal tersebut dilakukan karena semakin dinamisnya penggunaan teknologi dan penerapan environmental, sustainability, dan governance (ESG) yang kian masif bagi perusahaan.

Seiring dengan inovasi yang sudah berjalan, baru-baru ini bank bjb meraih penghargaan Indonesia Customer Service Quality (ICSQ) Award 2024 dalam kategori Bank Pembangunan Daerah dengan predikat Excellent. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Business Digest bersama Majalah SWA pada 9 Oktober 2024 lalu di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Penghargaan ini diberikan karena bank bjb mampu meningkatkan kepuasan nasabah melalui layanan digital perbankan seperti mobile banking dan platform digital lainnya. Mengutip berita Kontan.co.id, bank bjb dinilai mampu meningkatkan pemahaman nasabah terkait layanan finansial dan layanan perbankan.


"Program edukasi keuangan yang dijalankan bank ini membantu nasabah membuat keputusan finansial yang lebih tepat, sekaligus memperkuat hubungan antara bank bjb dengan komunitasnya," dalam keterangan resmi bank bjb pada Kamis (10/10/2024).

Tak hanya itu, bank bjb juga masuk dalam jajaran jajaran World's Most Trustworthy Companies 2024 kategori perbankan global versi Newsweek (perusahaan media berbasis di Amerika Serikat) dan Statista (perusahaan database untuk data pasar dan konsumen dari Jerman). bank bjb berada pada peringkat ke-6 serta melengkapi raihan penghargaan yang sama pada World's Most Trustworthy Companies 2023.

bank bjb dianggap dapat menjaga kepercayaan nasabah dan shareholder guna meningkatkan kepercayaan bisnis. Global Editor in Chief Newsweek Nancy Cooper menjelaskan, data ini tidak hanya bermanfaat bagi bank bjb. Tapi juga berguna sebagai bahan informasi untuk pemangku kepentingan dan perusahaan dalam mengembangkan inovasi lainnya.

"Kami harap peringkat yang kami susun bermanfaat dan informatif," ujar Nancy seperti dikutip dalam rilis resmi bank bjb.

Selain penghargaan berkat inovasi, bank bjb dan bank bjb Syariah turut meraih penghargaan sebagai pemenang Perusahaan BUMD Keuangan dalam Annual Report Award 2023 pada 7 Oktober 2024. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan instansi lainnya memberi penghargaan tersebut karena bank bjb mampu menerapkan praktik tata kelola yang baik.

Praktik tersebut berdampak juga untuk penerapan strategi dan strategi ekspansi perusahaan dalam jangka panjang. Atas pencapaian yang diraih, bank bjb akan terus meningkatkan bisnis yang berkelanjutan dan mendorong perekonomian daerah yang inklusif.

“bank bjb telah menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan melalui digitalisasi perbankan, bank bjb terus meningkatkan inklusi keuangan masyarakat, dengan tetap menjaga tata kelola yang baik sesuai ketentuan perundang-undangan dan mematuhi kewajiban pelaporan,” kata Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto, dalam keterangan pers pada 8 Oktober 2024.

Selanjutnya: LinkAja Tegaskan Tak Pernah Fasilitasi Aktivitas Judi Online

Menarik Dibaca: Alasan Tanaman Laba-laba Jadi Favorit Kucing Peliharaan di Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ridwal Prima Gozal