Bank BUMN bidik asuransi dan multifinance



JAKARTA. Perbankan BUMN akan melanjutkan rencana pertumbuhan anorganik di tahun ini. Mencari anak usaha di bidang asuransi atau multifinance menjadi pilihan bank-bank pelat merah.

Achmad Baequni, Direktur Keuangan Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengatakan, pihaknya, masih akan melancarkan rencana pertumbuhan bisnis anorganik, seperti mengakuisisi perusahaan asuransi jiwa. Rencana tersebut tertuang dalam rencana bisnis bank (RBB) tahun 2015. BRI menyiapkan dana sebesar Rp 3 triliun untuk rencana tersebut.

Menurutnya, kesulitan BRI untuk akuisisi asuransi jiwa adalah negosiasi dengan bakal calon pemilik perusahaan tersebut. "Peluang untuk tumbuh anorganik selalu ada untuk kami siapkan," katanya, kepada KONTAN, hari ini (13/1).


Sementara itu, Riswinandi, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, menuturkan, pihaknya juga melanjutkan rencana pertumbuhan anorganik pada tahun 2015 ini. Seperti mengakuisisi bank dan mendirikan perusahaan multifinance dengan cara patungan atau joint venture. "Kami akan mengoperasikan perusahaan multifinance itu pada tahun ini," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia