Bank Century Tahan Duit Sampoerna



JAKARTA. PT Bank Century Tbk. tak habis diterjang persoalan. Di pasar beredar kabar, deposan kakap bank tersebut hendak menarik duit. Namun, masih menurut kabar tersebut, manajemen Bank Century menahan dana nasabah tersebut.

Kabar itu bergaung kencang karena deposan yang disebut berniat menarik duit adalah Budi Sampoerna, anggota keluarga Sampoerna. Mantan komisaris PT HM Sampoerna itu disebut-sebut menempatkan dana senilai Rp 1,25 triliun di Bank Century Kantor Cabang Surabaya.

Ekadharmanjanto Kasih, Direktur Utama PT Sampoerna Agro Tbk. membenarkan keberadaan dana Sampoerna di Bank Century Cabang Surabaya. "Tapi, itu bukan uang perusahaan. Dana tersebut merupakan milik pribadi Budi Sampoerna," ujar Eka saat dihubungi melalui telepon genggam, kemarin.


Namun Eka mengaku tak tahu apakah Budi yang bersaudara dengan Putera Sampoerna itu kesulitan menarik dana dari Bank Century. "Mungkin memang masih proses," imbuhnya. Hingga berita ini turun, KONTAN belum berhasil meminta penjelasan dari Budi Sampoerna.

Yang jelas, kabar yang menyebut Bank Century menahan dana nasabah membuat manajemen baru bank ini risih dan langsung menampik. Manajemen Bank Century membantah kabar ini. "Kami selalu berusaha kooperatif dan tidak mungkin menghalangi deposan," cetus Maryono, Direktur Utama Bank Century, kemarin.

Ia menegaskan, sejak diambil alih Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS), bank yang dipimpinnya sudah beroperasi dengan normal. "Kondisi likuiditas kami pun mulai membaik," imbuh Maryono.

Bahkan, seperti diberitakan KONTAN sebelumnya, Bank Century telah siap untuk kembali menyalurkan kredit mulai Februari nanti.

Sekretaris Perusahaan Bank Century Dedy Triana menambahkan, saat ini LPS dan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) masih membahas soal struktur permodalan Century pascapengambilalihan oleh LPS. Termasuk, soal nasib saham publik. "Semua masih dalam tahap pembahasan, kami belum mendapat kabar lebih lanjut," ujar Dedy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: